Skip to content

Pelajar Indonesia Raih 2 Emas di Asian Physics Olympiad (APhO) 2012, India

Mei 7, 2012

iPho 2012 di indonesiaproud wordpress com

Para pelajar Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan berhasil merebut 2 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu di ajang Asian Physics Olympiad (APhO) ke-13 yang digelar di India pada 30 April – 7 Mei 2012.

Para peraih medali emas adalah Limiardi Eka Sancerio (SMAK Penabur Gading Serpong) dan Erwin Handoko Tanin (SMA 1 Sutomo Medan).

Samuel Wirajaya dari SMAK Penabur Gading Serpong juga meraih medali perak. Adapun Imawan Wicaksono Winarto (SMA St. Albertus Malang) dan Albert Datui (SMAK Penabur Gading Serpong) membawa pulang medali perunggu.

“Sejak pertama kali diselenggarakan di Indonesia tahun 2000, siswa-siswi negara ini selalu berprestasi di APhO karena pelatihan yang cukup intensif,” kata pendiri APhO dan pelatih tim olimpiade Indonesia, Yohanes Surya di Jakarta (7/5) .

Yohanes mengatakan bahwa sejak pertama kali diselenggarakan di Indonesia pada 2000, siswa-siswi negara ini selalu berprestasi di APhO karena pelatihan yang cukup intensif.

Namun, sejak beberapa tahun terakhir, Yohanes sebagai pelatih mengaku kesulitan merekrut siswa dengan bakat fisika yang berasal dari daerah karena Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tidak memperbolehkan siswa yang memenangi Olimpiade Fisika Nasional mengikuti APhO.

“Mereka yang menang Olimpiade Fisika Nasional akan diikutkan Olimpiade Fisika Internasional, sehingga akhirnya kami hanya menyeleksi siswa dari sekolah yang berminat yang umumnya merupakan sekolah swasta besar,” kata Yohanes.

Padahal, Yohanes berharap dapat menemukan bakat-bakat fisika yang berasal dari daerah selain ibu kota.

“Banyak sekali siswa dari kampung yang kalau diberi pelatihan intensif akan berprestasi di tingkat Internasional, contohnya siswa dari Makassar yang pada 2006 lalu mendapat medali emas di APhO,” kata dia.

Sumber: antaranews.com, kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: