Skip to content

Irene Kharisma Sukandar Juara Asian Continental Chess Championship di Vietnam

Mei 14, 2012

Irene Sukandar di indonesiaproud wordpress com

Pecatur putri terbaik Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, di luar dugaan mampu menjuarai 11th Asian Continental Chess Championship yang digelar di Ho Chi Minh City, Vietnam, 5-13 Mei 2012.

Gelar juara Asian Continental Chess Championship yang diraih Irene adalah sejarah baru. Irene menjadi satu-satunya pecatur Indonesia yang berhasil menjadi juara di Asian Continental Chess Championship selama 11 kali penyelenggaraannya.

Gelar juara bagi Irene juga berarti sejarah lainnya karena dia berhasil lolos ke Kejuaraan Dunia Catur Wanita tahun 2015 mendatang. Irene menjadi pecatur wanita pertama Indonesia yang bakal bermain di Kejuaraan Dunia Catur Wanita.

Menang Atas Pecatur India

Di babak kesembilan atau babak terakhir, Irene menang atas pecatur India, Eesha Karavade. Gelar juara bagi Irene dipastikan setelah pesaing terdekatnya yang juga pecatur India, Mary Ann Gomez, kalah dari pecatur China Tan Zhongyi.

Dengan kemenangan pada babak kesembilan, Irene meraih 7 poin, sementara Mary Ann hanya mampu meraih 6,5 poin.

11 th ACCC di indonesiaproud wordpress comKemenangan Irene ini sebenarnya di luar dugaan. Irene sama sekali tak diunggulkan dalam kejuaraan ini. Prestasi terbaik pecatur berusia 20 tahun ini di Asian Continental Chess Championship juga hanya peringkat keempat.

Gelar juara Irene serta merta membuat seluruh tim dan ofisial Indonesia terharu. Apalagi di bagian putra, pada kategori open standard chess, pecatur terbaik Indonesia, Susanto Megaranto, gagal memenuhi target untuk bisa menembus lima besar kejuaraan.

Prestasi Indonesia di Catur Asia

Irene K Sukandar di indonesiaproud wordpress comIndonesia memang pernah memiliki juara pada ajang Kejuaraan Catur Asia, tahun 1996. Pecatur putri Upi D Tamin juara di ajang ini. Tapi ketika itu, Kejuaraan Catur Asia belum diikuti peserta dari negara kuat seperti China.

Kekuatan catur Asia ketika itu yang turut dalam kejuaraan ini hanya India. Selain itu, Kejuaraan Catur Asia yang dijuarai Upi bukan merupakan ajang kualifikasi untuk Kejuaraan Dunia Catur Wanita.

Selama penyelenggaraan Asian Continental Chess Championship, prestasi terbaik Indonesia diraih Susanto Megaranto di kategori open standard chess. Ketika itu Susanto menempati peringkat kelima saat kejuaraan dilangsungkan di Cebu, Filipina tahun 2005 silam.

Prestasi terbaik Irene di ajang ini, untuk kategori women standard chess juga hanya peringkat keempat Masshad, Iran tahun lalu.

Sumber: kompas.com, asianchess.net

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: