Skip to content

Erick Setiawan: Novelist “Of Bees and Mist” yang Mendunia

Mei 18, 2012

erick setiawan di indonesiaproud wordpress comAnda tentunya sudah mengenal nama Andrea Hirata, yang terkenal dengan novelnya berjudul Laskar Pelangi yang  diterjemahkan dan diterbitkan dalam beberapa bahasa. Namun, apakah anda mengenal Erick Setiawan?

Erick Setiawan adalah novelis asal Indonesia yang sejak tahun 1991 pindah ke Amerika Serikat dan menetap di sana. ia terkenal karena novelnya yang fenomenal berjudul Of Bees And Mist, yang terbit tahun 2009. Berbeda dengan Andrea Hirata yang mengawali sukses lebih dulu di negara sendiri, Erick justru mengawali kesuksesannya di AS.

Pemuda pemalu yang dibesarkan di lingkungan keluarga pendongeng dan pernah menuntut ilmu di Stanford University, AS dalam bidang psikologi dan komputer ini, adalah seorang kutubuku dan suka menulis. Sebelum Of Bees and Mist, Erick telah menulis dua novel, tapi sayangnya dua naskahnya tersebut mendapat ratusan penolakan dari para agen sastra sehingga tidak pernah mendapat kesempatan untuk terbit.

Penolakan tersebut untungnya tidak menyurutkan semangatnya dalam menulis. Erick lalu menulis Of Bees and Mist yang diselesaikannya dalam waktu 4 tahun. Berbeda dengan dua naskah novel terdahulunya, kali ini dalam waktu yang tidak terlalu lama ia memperoleh agen sastra hingga akhirnya pada tahun 2009 novelnya ini diterbitkan oleh penerbit kenamaan Simon & Schuster.

Erick Setiawan di indonesiaproud wordpress comTak hanya itu saja, Of Bees and Mist mendapat sambutan yang positif dari pembaca dan kritikus sastra. Novel ini menjadi finalis QPB New Voices Award 2010 dan masuk dalam longlist penghargaan sastra bergengsi internasional IMPAC Dublin Literary Award 2011.

Novel ini ditulis dalam Bahasa Inggris dan telah diterjemahkan dan diterbitkan ke dalam 4 bahasa, yaitu Spanyol, Belanda, Cina dan tentu saja, Indonesia.

Of Bees and Mist dipuji oleh Washington Post ‘Drama rumah tangga yang mengagumkan’ ini telah beredar di empat benua, Amerika, Asia, Eropa dan Australia. Novel ini juga bisa dibeli secara online melalui toko buku terkenal, Barnes and Noble, dan situs jual beli internasional lain seperti Powell’s, Indiebound serta Amazon.

Kisah Of Bees and Mist

novel of bees and mist di indonesiaproud wordpresss comOf Bees and Mist adalah dongeng yang mengasyikkan tentang kisah dua keluarga yang mencakup tiga generasi wanita dalam satu keluarga yang tinggal di sebuah kota mistis, di mana roh dan mantra, sihir, iblis dan orang suci menjadi realitas kesehariannya.

Berkisah tentang Meridia yang tumbuh di sebuah rumah yang sepi hingga dia jatuh cinta dengan Daniel pada usia 16 tahun dan tak lama kemudian mereka menikah. Meridia akhirnya dapat melarikan diri untuk hidup bersama keluarga suaminya yang menarik hatinya dan tidak menyadari misteri gelap latar belakang mereka.

Meridia berjuang untuk merangkul hidupnya sebagai pengantin muda, yang menyimpan erat rahasia tentang masa lalunya serta kebenaran mengejutkan tentang keluarga barunya yang mendorong cintanya, keberanian, dan kewarasan ke tepi jurang kehancuran.

Sumber: memobee.com, ofbeesandmist.com

One Comment leave one →
  1. Mei 18, 2012 11:35 pm

    hmmm, saya juga baru dengar nama Erick Setiawan, Proud of Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: