Skip to content

Mahasiswa UNY Raih Juara di Concorso Musicale Europeo, Italia

Mei 29, 2012

Concorso Musicale Europeo di indonesiaproud wordpress comMahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengukir prestasi membanggakan di dunia musik internasional dengan berhasil meraih juara di ajang Concorso Musicale Europeo ke-4 yang berlangsung pada 5-13 Mei 2012 di Filadelfia, Italia.

Mereka adalah Ganter Hanggayuh Puji P, Grahita Tiar Praseti, Danar Gayuh Utama, dan Birul Walidaini yang berhasil meraih peringkat II Kwartet Guitar dan peringkat II Solo Tunggal atas nama Birul Walidaini.

Kompetisi musik internasional tersebut kali ini diikuti oleh 16 negara, yaitu Norwegia, Ukraina, Latvia, Indonesia, Selandia Baru, Rusia, Spanyol, Turki, Polandia, Taiwan, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, Iran, dan Italia.


Concorso musicale europeo 2012 Città di Filadelfia“Ajang ini merupakan ajang tahunan. Untuk mengikutinya, pihak panitialah yang menentukan, jadi tidak sembarang negara bisa berpartisipasi,” tutur Herwin Yogo Wicaksono, M.Pd. selaku pembimbing.

Menurut informasi dari pihak Italia, disebutkan bahwa pemilihan negara difokuskan pada prestasi yang telah dicapai.

Sebelumnya, keempat mahasiswa ini telah menorehkan prestasi dengan meraih juara I dalam Kwartet Guitar Festival tingkat nasional dan meraih tiga juara sekaligus pada kategori Solo Klasik dengan penyelenggara Duatone. Pada Maret 2011 mereka juga berhasil meraih kategori aransemen terbaik.

“Baik universitas, fakultas, dan alumni saling bekerja sama. Kebetulan semua capaian ini juga tidak terlepas dari campur tangan Bakti Setiadji, S.Pd. selaku alumni UNY. Ia yang berperan dalam mengaransemen instrumen yang dimainkan,” tambah Pak Herwin.

Ditanya tentang penampilan di Italia, mereka menjawab sangat terkesan dengan penjiwaan gitar klasik yang dimainkan oleh peserta dari negara lain.

“Awalnya kami menargetkan, minimal bisa meraih kategori Favorit, tetapi puji syukur dengan membawakan instrumen Fantasia from Indonesia kami berhasil membawa hasil maksimal,” jelas Birul Walidaini.

Aransemen Fantasia from Indonesia mengusung semangat kearifan lokal dengan mengambil esensi dari seluruh musik yang ada di Indonesia.

Sumber: uny.ac.id, associazione-melody.com

One Comment leave one →
  1. Juni 10, 2012 11:35 pm

    Kabar menggembirakan n’bangga sekali bisa jadi pemenang guitar classic.
    padahal orang eropa lebih berpeluang karena banyak komponis lahir di benua itu.
    lagu apa yg dibawakan BIRUL? n klo boleh tahu di mana saya bisa download videonya?
    kirim ke email saya di atas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: