Skip to content

Bali Jadi Pusat World Hindu Parisadh

Juni 12, 2012

world hindu summit 2012 di indonesiaproud wordpress com

Dalam pertemuan tokoh Hindu dunia di acara bertajuk World Hindu Summit 2012 yang berlangsung di Denpasar pada 9-12 Juni 2012, Bali akhirnya dipilih oleh para peserta pertemuan sebagai pusat terbentuknya World Hindu Parisadh (WHP).

World Hindu Summit ditargetkan sudah terbentuk pada pertengahan 2013 mendatang setelah dalam pertemuan tiga hari berhasil melahirkan Piagam Bali atau Bali Charter.

Piagam ditandatangani 200 delegasi dari 15 negara ditambah tokoh-tokoh Hindu Indonesia. “Nama organisasi ini adalah Parisadha Hindu Dunia atau World Hindu Parisadh,” kata Ketua Panitia World Hindu Summit 2012 , Made Bakta yang juga Rektor Universitas Udayana.

“Dari Bali Chapter yang dihasilkan dalam pertemuan World Hindu Summit 2012 ini selanjutnya akan direalisasikan terbentuknya World Hindu Parisadha yang ditargetkan pada 2013,” kata Made Bakta lebih lanjut di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali di Denpasar (11/6).

Menurut Bakta, World Hindu Parisadha nantinya akan mengambil peran menyatukan dan mengorganisasikan berbagai aktivitas spritual Hindu secara menyeluruh di dunia.

Selanjutnya mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan yang ada dalam ajaran-ajaran suci Hindu dan juga yang masuk di dalam Satyam Shivam Sundaram, yakni kebenaran, kebijaksanaan, dan kesucian.

Setelah terbentuknya World Hindu Parisadh akan dilanjutkan pembentukan World Hindu Center di Denpasar. Lembaga ini selanjutnya merancang pertemuan tahunan World Hindu Parisadh yang penyelenggaraannya bersamaan dengan Pesta Kesenian Bali (PKB) setiap pertengahan Juni.

Untuk mewujudkan target terbentuknya lembaga Hindu tersebut, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) kini telah membantuk panitia kerja beranggotakan 11 orang.

“Tim panitia kerja mulai besok (Selasa) akan akan langsung bekerja,” ujar Ketua Umum PHDI Sang Nyoman Suwisma.

Sumber: mediaindonesia.com, tempo.co, summit.worldhinduparisada.org

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: