Skip to content

Mahasiswa UII Juara Dunia Kompetisi ERPsim di Montreal, Kanada

Juni 22, 2012

uii juara dunia ERPsim di indonesiaproud wordpress com
Tiga mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, yaitu Diantika Pharamita, Muhammad Faizal, dan Putri Aini mengharumkan nama bangsa dengan menjadi juara 1 dunia  pada kompetisi internasional ERPsim ke-4 di Montreal, Kanada pada 20 Juni 2012.

ERPSim adalah sebuah game simulasi yang dikembangkan oleh HEC Montreal dengan berbasis SAP. Dengan ERPSim, mahasiswa melakukan simulasi pengambilan keputusan-keputusan bisnis, mulai dari penentuan harga, produksi, pemasaran dan sebagainya.

Nilai akhir ditentukan oleh profit yang mereka hasilkan, dan juga  presentasi tim menjelaskan mengapa dapat menang atau kalah, intinya lessons learned yang mereka dapat selama game tersebut.

Kompetisi tahunan yang diselenggarakan SAP ini,  berupa game simulasi bisnis dengan menggunakan software ERP (Enterprise Resource Planning) yang diikuti oleh 50  tim, dengan anggota masing-masing 3 mahasiswa, dari lebih dari 20 negara di seluruh dunia.

Dari 50 tim, hanya 15 tim yang berhak maju ke final. Selain UII, dari Indonesia ada juga tim Universitas Brawijaya, Malang.

ERP atau Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan adalah aplikasi perangkat lunak komputer yang terintegrasi dan menyeluruh. Secara arsitektural sistem, ERP dikembangkan berdasarkan modul-modul fungsional yang meliputi seluruh aspek sumber daya di dalam sebuah perusahaan/organisasi.

Secara historis, ERP berasal dari metamorfosis dari MRP (Manufacturing Resources Planning) yang diarahkan untuk kelompok usaha manufaktur.

Seiring dengan perkembangan teknologi, manajerial dan bisnis maka MRP pun berubah menjadi ERP. Istilah ERP sendiri diperkenalkan pertama kali oleh Gartner Group.

Dalam kompetisi yang digelar, peserta diharuskan menjalankan sebuah bisnis virtual selama 4 kuartal. Peserta menggunakan software ERP yang saat ini digunakan oleh sebagian besar perusahaan multinasional dunia dalam menjalankan usahanya.

Mahasiswa dalam kompetisi ini harus mengoperasikan logistik, distribusi, inventory, pengiriman dan penagihan sebuah perusahaan susu, di Jerman.

Sistem ERP yang digunakan dalam simulasi ini, digunakan oleh setiap perusahaan Fortune 1.000, dan disimulasi oleh SAP Lab di Montreal untuk dapat menggambarkan bagaimana produk yang dibuat diterima oleh pasar.

Tim SAP mahasiswa akuntansi ini mengikuti kompetisi SAP ERP untuk belajar menggunakan ERP system dalam menjalankan bisnis proses yang telah dipelajarinya dalam mata kuliah ERP di bangku kuliah, dengan dipandu  Drs. Suwaldiman, MAcc, Ak. Game simulasi ini berjalan secara cepat, setiap kuartal equivalen dengan 10 hari transaksi, berjalan kira-kira 10 menit. Total permainan 6 kuartal.

“Kondisi ekonomi didesain berbeda-beda tiap kuartal dan kami harus mencoba menjual barang pada setiap kondisi”, kata Muhammad Faizal, salah seorang anggota tim yang sesuai rencana akan lulus S1 akuntansi dalam 3 bulan mendatang.

“Prestasi ini semakin memantapkan profil lulusan akuntansi UII sebagai konsultan bisnis di lingkungan yang berbasis teknologi informasi, khususnya perusahaan yang menggunakan ERP System. Untuk itu ERP Competence Center Prodi Akuntansi akan menyelenggarakan program dalam rangka membuka potensi mahasiswa di ajang internasional lainnya.” kata Direktur ERP Competence Center, Dra. Primanita, MBA, Ak.

Sumber: uii.ac.id, kampus.okezone.com

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: