Skip to content

Siswa Indonesia Raih Medali & Merit di Po Leung Kuk Primary Mathematics World Contest, Hong Kong

Agustus 1, 2012
indonesiaproud wordpress com

Peter, Sholeh & M. Faiq

Delegasi Tim Indonesia yang terdiri dari 4 siswa yang baru saja naik kelas 6 SD berhasil meraih 2 perunggu untuk perseorangan dan meraih 1 merit untuk beregu di 15th Po Leung Kuk Primary Mathematics World Contest (PMWC) yang diselenggarakan pada 16-20 Juli 2012 di Hong Kong.

Mereka yang berhasil meraih medali perunggu (third class honour) adalah Muhammad Faiq Dhiya Ul Haq dari SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang (score 12 dari 15) dan Peter Aristo Hadi Gunawan dari SDK Tri Tunggal Semarang (score 10 dari 15).

Untuk katagori beregu, tim Indonesia yang terdiri dari Ouw Brian Thadius Santosa, Peter Aristo Hadi Gunawan (keduanya dari SDK Tri Tunggal Semarang), Muhammad Faiq Dhiya Ul Haq (SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang) dan Hardyansel Kesuma (SD Saint John Tangerang) (score 9 dari 10 score maksimal) berhasil meraih Merit.

Delegasi tim Indonesia dipimpin oleh Bapak Sholeh dari Kemendikbud Pusat  yang juga merupakan Tim Pembina IMSO Indonesia dan Bapak Rakean Sundayana selaku Wakil (Deputy Leader)

Kompetisi matematika Po Leung Kuk PMWC ini diikuti oleh 156 peserta (39 tim beregu) dari 17 negara, dan mayoritas peserta dari negara lain adalah anak-anak setara SMP grade 8 usia 14 tahun, sedangkan tim Indonesia merupakan salah satu yang termuda karena baru naik grade 6 (berumur 11 tahun).

Adapun 17 negara peserta kompetisi matematika ini adalah Amerika Serikat, Australia, Bulgaria, Russia, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, China, Taiwan, Hongkong, India, Macau, Singapura, Afrika Selatan, Indonesia, Mongolia dan Filipina.

Po Leung Kuk PMWC ini merupakan Olimpiade Matematika Primary Level yang paling tua, sudah 15 kali diselenggarakan, dan dari tahun ke tahun diujikan soal-soal terbaru dengan tingkat kesulitan yang semakin tinggi).

Sebagai catatan, untuk kriteria penilaian yang semakin ketat dengan perbandingan 1:2:3, maka peraih medali emas adalah dengan perfect score (score 15 jawaban benar dari 15 soal), untuk perak (minimal benar 13) dan untuk perunggu (minimal benar 10).

Kedatangan Tim Indonesia disambut oleh Ibu Elfira dari Kemendikbud di Bandara Soekarno-Hatta pada 20 Juli lalu.

Sumber: Eko Marsudi Utomo (Ayah M. Faiq Dhiya Ul Haq)

indonesiaproud wordpress com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: