Skip to content

Tim Indonesia Raih 3 Perak dan 1 Perunggu di International Biology Olympiad 2012, Singapura

Agustus 9, 2012

IBO 2012 di indonesiaproud wordpress comPara pelajar yang tergabung dalam Tim IBO Indonesia berhasil meraih 3 medali perak  dan 1 perunggu pada ajang 23rd International Biology Olympiad yang berlangsung di Singapura pada 9-14 Juli 2012.

Medali perak diraih Lindy Mawardhani Dharmawan (Peringkat 28 dunia) siswa SMA MH Thamrin Jakarta, Rhogerry Deshychika siswa SMA Pribadi Bandung (peringkat 32 dunia) dan Kezia Tevanie Tanfriana siswa SMK BPK Penabur Jakarta (peringkat 35 dunia). Adapun medali perunggu diperoleh Assifa Nur Hisana (peringkat 64 dunia).

Tim Olimpiade Biologi Indonesia didampingi oleh Dr. Agus Dana Permana, Dr. Ramadhani Eka Putra, Putri Dwi Utari, Msi., dan Fenryco Pratama, SSi (SITH ITB), Dr. Sucipto Hariyanto (Biologi UNAIR), dan Bapak Sulaksono dari Kemdikbud.

Tugas utama dari Tim Pendamping adalah menerjemahkan soal ke dalam bahasa Indonesia pada 9 Juli (untuk soal praktikum) dan 11 Juli (untuk soal teori) serta pemeriksaan hasil perhitungan nilai praktikum dan teori pada 13 dan 14 Juli 2012.

Koordinator tim IBO Dr. Agus Dana Permana menjelaskan bahwa medali yang diraih oleh para siswa kita tahun ini mengulang perolehan medali pada tahun 2011 lalu.

Meski tahun ini tidak meraih emas, pencapaian mereka patut dihargai, karena semangat mereka yang sangat gigih untuk bisa menyelesaikan soal dengan baik.

“Saat pembukaan lomba, peserta happy, tapi ketika lomba, mereka mulai  agak grogi. Akibatnya, ada beberapa soal yang salah dipersepsikan oleh mereka sehingga menyebabkan nilai mereka berkurang.” ujar Agus.

Untuk selanjutnya ke depan, Agus mengharapkan dukungan dapat terus diberikan kepada tim IBO Indonesia untuk mengukir prestasi di tingkat dunia dengan hasil yang jauh lebih baik lagi.

IBO 2012 di indonesiaproud wordpress comIBO yang diikuti oleh 236 peserta dari 59 ini dibuka pada 9 Juli oleh Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam dan ditutup pada  14 Juli oleh Chan Lai Fung dari Kemdikbud Singapura. Selanjutnya IBO ke-24 akan diselenggarakan di Bern, Swiss pada Juli 2013.

Pada acara coordinator meeting di Singapura, Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah IBO untuk tahun 2020 yang menjadi bahan pertimbangan bagi tim koordinator IBO sebelum diputuskan di Bern, Swiss.

Kasubdit Kelembagaan dan Peserta Didik Suharlan SH, MM berharap dengan kompetisi ini diharapkan tumbuh budaya kompetisi yang sehat dan rasa ingin tahu yang menjadi dasar dari masyarakat modern sehingga budaya cinta terhadap sains dapat terus dikembangkan.

Kontributor: Eko Marsudi Utomo

Sumber: siswapsma.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: