Skip to content

Pindad Buat Motor Listrik 50 KW Pertama di Dunia

Agustus 13, 2012
piev pindad di indonesiaproud wordpress com

Mobil listrik PIEV yang memakai motor listrik 50 KW

Dalam ajang RITech Expo pada 8 Agustus 2012 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, PT Pindad memamerkan motor listrik buatannya.

Dalam pameran tersebut, motor dipasang pada mobil listrik PIEV (Pindad Electric Vechile) sehingga bisa diuji keandalannya.

Motor listrik yang dibuat adalah jenis Brushless DC Motor, yang memiliki daya 50 KW, jauh dari motor listrik umumnya yang hanya berdaya 15 KW.

Dengan pembuatan motor ini, Indonesia merupakan negara pertama yang membuat motor listrik 50 KW.

Andri Setiyoso, Chief Engineer untuk mesin listrik di PT Pindad, mengungkapkan bahwa pengembangan motor listrik ini bertujuan membantu merealisasikan produksi mobil listrik yang ramah lingkungan.

“Dengan memproduksi sendiri, harga motor bisa lebih murah daripada harus mengimpor. Harganya bisa Rp 15-Rp 20 juta lebih murah. Apalagi mendatangkan motor listrik dari luar itu lebih sulit, terutama kalau sudah produksi,” ungkap Andri.

Sena Maulana, Product Development Kendaraan Tempur di PT Pindad, mengungkapkan bahwa semua mobil listrik yang dikembangkan di Indonesia masih menggunakan baterai dan motor berupa kit yang dibeli dari Amerika.

“Dengan mengembangkan sendiri, Pindad ke depan orientasinya justru menjual kit motor listrik ini ke industri mobil yang kita miliki,” papar Sena di Bandung.

Sena pun menuturkan bahwa pengembangan motor listrik juga bertujuan mengenalkan kepada masyarakat bahwa teknologi mobil listrik sebenarnya cukup mudah. Motor listrik tak membutuhkan banyak maintenance seperti motor konvensional.

Sementara itu, Andri menjelaskan, “Untuk kualitas, sebenarnya kan PT Pindad bukan pertama kali ini mengembangkan motor. Sebelumnya kita juga mengembangkan motor untuk KKRL dan hasilnya bisa bersaing dengan yang impor.”

Menurut Andri, beberapa kendala untuk membuat motor listrik saat ini masih perlu dipecahkan, misalnya soal material.

Ia berharap, ke depan, Indonesia bisa menghasilkan silicon steel, magnet, dan tembaga untuk mendukung pembuatan motor listrik ini.

Sumber: kompas.com

12 Komentar leave one →
  1. Agustus 13, 2012 11:35 am

    Reblogged this on Insang Daily and commented:
    Motor listrik yang dibuat adalah jenis Brushless DC Motor, yang memiliki daya 50 KW, jauh dari motor listrik umumnya yang hanya berdaya 15 KW.

  2. Beyond Steel permalink
    Agustus 13, 2012 11:35 pm

    salut…tenang tapi menghanyutkan

  3. duke permalink
    Agustus 13, 2012 11:35 pm

    okehh…kapan di jual gan???
    ane pasti ambil satu..

  4. Agustus 13, 2012 11:35 pm

    “Pindad Buat Motor Listrik 50 KW Pertama di Dunia” + “Dengan pembuatan motor ini, Indonesia merupakan negara pertama yang membuat motor listrik 50 KW.”

    Maaf statementnya agak membingungkan, sependek pengetahuan saya motor 50KW tidak tergolong terlalu besar, di situs *b*y ada yang jual brushless dc motor 120 KW.

    • Desember 17, 2013 11:35 am

      50 kW untuk mobil listrik aja (mungkin), daya motor DC untuk lokomotif diesel elektrik bisa sampe 300kW, untuk pabrik semen bahkan ada yang sampai MW (AC Motor)

  5. humoriezt permalink
    Agustus 14, 2012 11:35 am

    maju terus indonesia..
    yang terpenting produk Indonesia harga juga menyesuaikan kemampuan masyarakat Indonsia, jangan seperti menteri kita yang mau membandrol mobil listrik 1m lebih..ckckck..

  6. Maret 1, 2014 11:35 pm

    biaya produksinya aja muahal, apalagi nanti harga jualnya, walah, segment nya premium tuh, mungkin di masa depan bisa lebih murah ya (berharap)

  7. Mei 27, 2014 11:35 pm

    saya pingin beli motor listriknya bagaimana cara belinya fast respon

  8. November 6, 2014 11:35 pm

    sejak dari 5 th yg lalu slalu gembar-gembor soal hemat bbm dan kendaraan listrik nasional, yg tak lain hanya bualan saja. Tak lain hanya ajang pameer saja, realisasi kemandirian hanya omong kosong.
    ayo dong buktikan dengan realisasikan produksi nasional, jangan ujung2 nya cuma bisa import saja bikin sepet mata dan keuangan negara.
    negara yg sudah puluhan tahun merdeka soal motor listrik kok masih impor, klo pun ada yg produksi yg sebatas relokasi / cabang produksi merk china. padahal motor listrik itu kan desain dan cara kerjanya sederhana, trus selama ini para pejabat yg slalu bermobil mewah ; dan yg ngaku konglomerat indonesia kok d biarkan diam saja cuma bisa ngeruk devisa negara n foya2 aj.
    klo swasta tidak mampu / tak mau menghandle harusnya perusahaan negara yg menghandle dong, klo ternyata prospek maka dg sendirinya swasta akan ikut ambil bagian.
    apalagi dinamo / motor listrik adalah salah satu produk penting hampir d semua lini baik produksai maupun kebutuhan harian.

  9. Februari 2, 2015 11:35 am

    motor listrik buatan PT.Pindad bisa dibeli atau tidak,karna untuk pembuatan proyek akhir kuliah. mohon dibalas,terima kasih.

  10. badak permalink
    Februari 8, 2015 11:35 am

    hanya bisa bantu dengan do’a..

Trackbacks

  1. PT Pindad, Buat Motor Listrik 50 KW Pertama di Dunia | Luthfi Mu'awan, a Small Traveler

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: