Skip to content

Indonesia Raih Penghargaan King Sejong Literacy Prizes dari Unesco

Agustus 27, 2012

2012 UNESCO International Literacy PrizesProgram literasi atau pemberantasan buta huruf di Indonesia dinilai sukses. Oleh karena itu, Indonesia dianugerahkan penghargaan King Sejong Literacy Prizes dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) untuk tahun 2012.

Penghargaan akan diserahkan pada upacara yang akan digelar di markas UNESCO, 6 September mendatang, dalam rangkaian perayaan Hari Aksara Internasional yang jatuh pada 8 September.

Pengumuman pemenang disampaikan oleh Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova, dan ditayangkan di situs resmi badan PBB ini, pada 23 Agustus 2012.

Selain penghargaan berupa medali dan sertifikat, penyelenggara pengembangan pendidikan masyarakat di Indonesia berhak memperoleh hadiah sebesar 20.000 dollar Amerika Serikat.

Dalam rilisnya, UNESCO menyampaikan, Indonesia menerima satu dari dua penghargaan bergengsi UNESCO tersebut atas program bertajuk “Peningkatan Kualitas Pendidikan Literasi Melalui Literasi Kewirausahaan, Budaya Membaca, dan Pelatihan Para Pendidik”.

Program ini melibatkan tiga juta orang, sejumlah daerah yang mengedepankan pemberantasan buta huruf pada wanita dengan mengombinasikan keahlian dasar, dan pelatihan literasi mendasar.

Selain Indonesia, Rwanda juga meraih penghargaan UNESCO King Sejong Literacy Prize melalui program bertajuk “Program Literasi Orang Dewasa Nasional” yang digerakkan oleh Gereja Pantekosta di negara tersebut.

Program ini terpilih karena memfokuskan penerapannya kepada perempuan dan remaja putus sekolah serta telah menjangkau lebih dari 100.000 orang yang tersebar di 3.500 pusat literasi. Negara juga menjamin hak setiap orang untuk melek huruf dan pendidikan dasar, termasuk di dalamnya pemahaman tentang HAM, rekonsiliasi, dan perdamaian.

Sementara itu, Bhutan dengan program berjudul “Program Pendidikan Informal dan Berkelanjutan” dianugerahi penghargaan UNESCO Confucius Prizes for Literacy dan Kolombia meraih penghargaan yang sama dengan program bertajuk “Program Sistem Interaktif (Transformemos Educando)”.

Sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: