Skip to content

Mahasiswa ITS Raih Juara e-Learning International Contest of Outstanding New ages (e-ICON) World Contest di Korsel

September 18, 2012

indonesiaproud wordpress comDua mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya mengharumkan nama bangsa di kancah internasional dengan berhasil meraih juara dua e-Learning International Contest of Outstanding New ages (e-ICON) World Contest di Incheon dan Seoul, Korea Selatan pada 15 September 2012.

Kedua mahasiswa berprestasi tersebut adalah Raden Aditya Brahmana dan Maranu Toto Negoro. Mahasiswa angkatan 2011 ini telah berjuang selama seminggu di Korea sejak Minggu (9/9). Pasalnya, perlombaan ini diikuti oleh 11 negara dari seluruh dunia, dengan total 20 tim dan 96 peserta.

Awalnya, seleksi dilakukan dari proposal yang mereka kirimkan pada awal Agustus. Dinyatakan lolos, pemerintah Korea membiayai semua akomodasi mereka menuju venue perlombaan. ”Dulu kita cuma iseng cari lomba di internet, lalu ikut saja,” ujar Maranu tersenyum.

Uniknya, dalam lomba ini, mereka hanya diberi waktu selama tiga hari untuk membuat program pembelajaran dengan media e-learning. Waktu singkat tersebut tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi mereka.

Beruntung, mereka telah mempersiapkan konsep ide yang akan digunakan sejak masih di Indonesia. ”Sehingga di sana kami bisa mengerjakannya langsung,” terang Adit.

Ide yang mereka gagas yakni e-learning tentang pembelajaran iklim dan cuaca. Usut punya usut, mereka berdua sengaja memilih tema tersebut lantaran terjadi bencana alam typhoon alias angin topan sekitar seminggu sebelum lomba dihelat.

Sengaja menembak sisi tersebut, maka mereka memasukkan tips dalam menghadapi typhoon. Bahkan edukasi tentang cara mengetahui arah datangnya typhoon pun mereka masukkan dalam program.

Maranu mengatakan bahwa kekompakan tim menjadi hal nomor wahid. Pasalnya, dalam perlombaan tersebut mereka didampingi oleh dua mahasiswa Korea. Tak pelak, mereka harus memahami perbedaan budaya yang ada. ”Di sana, kita benar-benar melakukan kolaborasi internasional,” paparnya.

Sumber: its.ac.id

4 Komentar leave one →
  1. September 18, 2012 11:35 pm

    Reblogged this on Insang Daily and commented:
    ITS Cuk, congrats yo rek, mantaabbb

  2. September 20, 2012 11:35 pm

    Selamat dan sukses buat anak ITS yang sudah berprestasi

  3. September 21, 2012 11:35 pm

    Reblogged this on PENGALAMAN ADALAH GURU and commented:
    bagus info,thanks

Trackbacks

  1. Mahasiswa ITS Raih Juara e-Learning International Contest of Outstanding New ages (e-ICON) World Contest di Korsel | Promosi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: