Skip to content

Yongky Kartika: Pembuat Sonar, Aplikasi Pencari Berita Berbasis Bahasa Indonesia

September 23, 2012

yongki di indonesiaproud wordpress comYongky Kartika,  mahasiswa Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (ISTTS) Jawa Timur, berhasil membuat program aplikasi Sonar, “Sound of News Paper Indonesia” atau  program tanya jawab  berbasis  bahasa Indonesia.

Aplikasi ini berfungsi seperti mesin pencari pada Google. Bedanya, aplikasi yang diberi nama Sonar ini akan langsung memberikan jawaban atas pertanyaan spesifik yang diketikkan di dalamnya, dan hanya dikhususkan untuk bidang politik dan ekonomi saja.

Latar belakang ia membuat aplikasi ini adalah karena ia merasa kesulitan apabila harus mencari jawaban secara langsung yang ia inginkan di Google. Sebab, yang dilakukan Google hanyalah memunculkan blog yang terkait oleh kata kunci yang dimasukkan, sehingga butuh waktu lagi untuk mendapatkan jawaban yang sebenarnya diinginkan. “Cara tersebut kurang praktis dan memakan banyak waktu karena kita harus membaca dulu blog terkait”, tuturnya.

Yongki memaparkan bahwa dengan program Sonar, pengguna internet  bisa melakukan  pencarian berita sesuai yang diinginkan hanya dengan mengetik kata kunci siapa, di mana, kapan, dan mengapa untuk menemukan artikel yang dicarinya tanpa harus membaca artikel yang panjang lebar, seperti yang saat ini tersedia di berbagai mesin pencari (search engine). Pengguna komputer bisa langsung menemukan berita yang dicari, dan langsung terpampang di kalimat pertama dengan warna yang berbeda.

“Misalnya kita mencari ‘siapa’ nama dewan pakar partai Nasdem. Dengan kata kunci ‘siapa’ tersebut, maka akan langsung menemukan nama orang yang dicari, tanpa harus membaca artikelnya, yaitu Hary Tanoesoedibjo,” ujar Yongky.

Mahasiswa jurusan informatika angkatan 2008 ini mengaku, program buatannya masih memiliki kekurangan karena menggunakan sistem manual. Sistem ini mengharuskan Yongky memasukkan data atau berita secara manual sehingga membutuhkan waktu untuk mendapatkan berita terbaru. Seharusnya, kata Yongky, program ini bisa menggunakan program yang sudah terkoneksi dengan portal berita sehingga berita terbaru bisa langsung update.

Gunawan, sang dosen pembimbing, berkata, untuk mengembangkan program Sonar ini Yongky harus mengunakan program tambahan yang bisa menghubungan dengan salah satu media online. “Dengan begitu, selain lebih update, berita yang diperoleh user juga lebih cepat diterima pembaca,” ujar Gunawan.

Program berbasis internet dengan menggunakan bahasa Indonesia saat ini harus dikembangkan. Pasalnya, pengguna internet di Indonesia mencapai urutan ketujuh dunia. Program berbasis bahasa Indonesia ini akan lebih memudahkan pengguna dalam negeri sekaligus memberi wadah bagi  warga asing yang ingin memdalami bahasa Indonesia.

sumber: okezone.com, elvinasoekotjo.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: