Skip to content

Wayang Golek Ajen Raih 2 Emas di International Marionette Festival 2012, Vietnam

September 30, 2012

tim wayang ajen di indonesiaproud wordpress comTim Wayang Golek Ajen Bekasi, Jawa Barat, menorehkan prestasi membanggakan dengan berhasil meraih 2 medali emas dalam ajang “The 3rd International Marionette Festival” yang diselenggarakan pada 3-11 September 2012 di Hanoi, Vietnam.

Di grand final festival yang berlangsung pada 10 September 2012,  dewan juri menobatkan Wawan Gunawan sebagai dalang terbaik dan menobatkan Wayang Ajen sebagai peserta terbaik dalam segi pertunjukan dengan menampilkan seni wayang modern.

“Ada 16 peserta dari berbagai negara. Wayang Anjen adalah satu-satunya peserta asal Indonesia,” kata Dini Irma Damayanti, Manajer Wayang Golek Ajen di Bekasi (16/9).

Menurut dia, lomba itu memang diadakan setiap dua tahun sekali oleh Ministry of Culture, Sport & Tourism The Socialist Republic of Vietnam dalam rangka menjalin kekerabatan antarnegara melalui seni dan budaya.

Dalam festival tersebut, kata dia, Wayang Golek Ajen hanya digawangi 6 personel, Wawan Gunawan selaku penulis naskah, dan sutradara, Dini Irma Damayanthi selaku manajer tim, dan penari, Agus Rustandi selaku penata musik dan pemusik, Doni selaku pemusik, Dudi Mulyadi pemusik, dan Asep Ganjar Wirasena selaku penata wayang dan asisten dalang.

Adapun kategori yang dimenangkan negara lain adalah skenario terbaik, desain wayang terbaik, penata panggung dan artistik terbaik, penata musik terbaik serta penata kostum terbaik.

“Selama ini, ide-ide besar Wayang Ajen lahir dari Kota Bekasi yang menjadi tempat tinggal Wawan Gunawan, sang dalang. Dalam perjalanannya, Wayang Ajen telah meraih berbagai prestasi di kancah internasional,” katanya.

Dini mengatakan bahwa keberangkatan timnya ke Hanoi untuk mewakili Indonesia telah mendapat dukungan pemerintah daerah dan pusat.

“Kami bangga menjadi bagian kecil seniman Indonesia, setetes prestasi di antara lautan prestasi para seniman dan atlet Indonesia yang telah jauh berprestasi membawa harum nama bangsa Indonesia di mata Internasional,” kata Dini.

Sumber: antaranews.com, bekasiraya.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: