Skip to content

Indonesia Raih Peringkat Keempat Homeless World Cup 2012 di Meksiko

Oktober 16, 2012

rumah cemara homeless cup 2012 di indonesiaproud wordpress com

Tim Indonesia yang diwakili LSM Rumah Cemara mencetak prestasi membanggakan dengan berhasil menduduki peringkat keempat Homeless World Cup 2012 yang digelar pada 6-14 Oktober di Meksiko.

Di pertandingan perebutan tempat ketiga di Mexico City, Indonesia kalah 2-6 dari tim kuat Brasil.

Sehari sebelumnya, Indonesia takluk dari tuan rumah Meksiko di babak semifinal. Meksiko sendiri harus puas menjadi runner-up setelah takluk 5-8 dari Chile pada laga final.

Seusai mengakhiri kiprahnya, para pemain Indonesia melakukan “victory lap” dengan penuh suka cita. Mereka juga memperlihatkan kepada penonton poster bertuliskan “Gracias Mexico”.

rumah cemara homeless cup 2012 di indonesiaproud wordpress com

Total, Bonsu Hasibuan dkk. memainkan 12 pertandingan dengan hasil sembilan kali menang dan tiga kali kalah. Selain Brasil dan Meksiko, kekalahan lain diderita dari Peru di putaran pertama grup. Indonesia selalu memuncaki grup, baik di putaran pertama maupun kedua.

Tahun lalu di Paris, Prancis, yang merupakan kali pertama Indonesia tampil di turnamen street soccer bertajuk Homeless World Cup, tim yang dikoordinir oleh LSM nirlaba Rumah Cemara berhasil menduduki peringkat keenam.

Selain mendapatkan predikat sebagai tim pendatang baru terbaik (Best Newcomer) dan seorang pemainnya, Ginan Koesmayadi, juga dinobatkan sebagai pemain terbaik (best player).

Masalah Dana

Ini adalah kali kedua Rumah Cemara menjadi koordinator tim Indonesia di ajang tersebut. LSM sosial yang bermarkas di Bandung itu mendapat undangan untuk HWC 2010 di Rio de Janeiro, tapi tidak bisa memberangkatkan tim karena tidak ada dana.

Mobilisasi Sumberdaya Rumah Cemara, Yudi Wahyudi, mereka merasa bangga dengan pencapaian tim “Merah Putih” di Mexico City. Salah satu alasannya, di balik kesulitan finansial dan sederet masalah lain yang menerpa persiapan tim, kerja keras mereka akhirnya membuahkan hasil.

“Mereka bisa berangkat (ke Meksiko) saja sudah kami anggap juara, apalagi bisa sampai peringkat keempat,” tutur Yudi atau yang biasa dipanggil Uday.

“Masalah dana jadi kendala terbesar, terlebih pemerintah sepertinya tidak menunjukkan ketertarikan dengan kegiatan kami. Padahal ini jelas prestasi, lawan Indonesia di sana 54 negara. Tahun lalu kami peringkat enam, sekarang empat,” sambungnya.

Misi Rumah Cemara selanjutnya adalah menyukseskan penyelenggaraan League of Change, sebuah turnamen street soccer yang melibatkan delapan organisasi HIV/AIDS dari delapan kota besar di Jawa, Bali, dan NTB.

Terlepas dari itu semua, Uday dan teman-temannya di Rumah Cemara berharap satu hal di balik keberhasilan Indonesia di Homeless World Cup. Apa itu?

“Supaya mereka (para penderita AIDS, pencandu narkoba, atau anak-anak jalanan) dapat diberi kesempatan untuk menunjukkan hal positif, yang dapat mengubah paradigma masyarakat.”

Sumber: sport.detik.com

4 Komentar leave one →
  1. Mamakuat permalink
    Oktober 19, 2012 11:35 pm

    Hai, punya contact person LSM rumah cemara ini?

    • Oktober 20, 2012 11:35 am

      coba Mamakuat kontak langsung lewat telepon atau fax ke +62(0)222011550. Bisa juga lewat twitternya @RumahCemara
      atau kirim e-mail ke Director of Community Relations, Dicky Sulaiman, di info@rumahcemara.org

      Kalo mau mampir ke kantor buka Selasa-Jum’at dari pkl. 9 pagi hingga 5 sore: Sekretariat Rumah Cemara. 
Jl Gegerkalong Girang No. 52

      Bandung 40154 Jawa Barat, Indonesia

Trackbacks

  1. Ginan Kusmayadi: Orang Asia Pertama Penerima Levi Strauss & Co Pioneer Award 2012 « Indonesia Proud
  2. Ginan Kusmayadi: Orang Asia Pertama Penerima Levi Strauss & Co Pioneer Award 2012 | soetta.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: