Skip to content

Paduan Suara Indonesia Raih 6 Emas & 2 Perak di Canta Al Mar Festival Coral Internacional, Spanyol

Oktober 22, 2012

canta al mar di indonesiaproud wordpress comKelompok paduan suara Indonesia menorehkan prestasi membanggakan dengan berhasil meraih 6 emas dan 2 perak pada festival paduan suara Canta Al Mar  Festival Coral Internacional di Calella/Barcelona, Spanyol yang berlangsung pada 17 – 21 Oktober 2012 dan dikuti oleh 2.500 peserta dari 30 negara.

Pekik histeria penuh haru dan bangga, Indonesia! Indonesia! menggema setiap kali nama kelompok Indonesia disebut sebagai peraih medali emas atau perak dalam kompetisi paduan suara bergengsi selama 4 hari tersebut.

Medali-medali tersebut berhasil diraih paduan suara The Chorale Singers, Sola Fide Voice, 78 Youth Choir, Marsudirini Children’s Choirs, dan Pangudi Luhur Youth Choir. Adapun rincian perolehannya adalah sebagai berikut.

Untuk hasil lengkapnya lihat

Sembilan Paduan Suara

Totalnya Indonesia diwakili 9 kelompok paduan suara, yakni Marsudirini Childrens Choir, Pangudi Luhur Youth Choir, 78 Youth Choir, Nines Voice SMAN 9 Binsus Manado, Purna Gita Bahana Nusantara Banjarbaru, The Chorale Singers Jakarta, The Hope Voice Choir Papua, Sola Fide Voice Palangkaraya, dan Jakarta Chamber Singers.

Dalam festival yang diselenggarakan oleh jaringan festival internasional INKULTUR itu para belia Indonesia harus bertanding melawan 70 kelompok paduan suara lainnya.

Krisnawati Desi Purnawestri dari Pensosbud KBRI Madrid menyebutkan bahwa prestasi ini sungguh membanggakan dan harus diketahui serta didukung bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia. Melalui kompetisi paduan suara, tercipta suatu harmoni, persatuan, persahabatan, dan perdamaian.

Hal itu tampak jelas ketika dari berbagai kelompok paduan suara asal berbagai daerah di Indonesia, yang tadinya tidak saling kenal sebelumnya, pada ajang tersebut mereka dapat bersatu dan saling mendukung satu sama lain.

Dalam sejarah penyelenggaraan suatu festival di Spanyol, partisipasi Indonesia tahun ini tercatat dalam jumlah terbesar dan hebatnya, mereka berhasil membuktikan prestasinya dengan menjuarai berbagai kategori dan memantik kekaguman panitia dan peserta dari negara-negara lainnya.

“Indonesia kini menjadi semakin dikenal tidak hanya sebagai negara yang memajukan budaya tradisionalnya, tapi juga berprestasi dalam budaya internasional,” pungkas Desi.

Sumber: interkultur.com, sma78-jkt.sch.id, news.detik.com

5 Komentar leave one →
  1. Oktober 24, 2012 11:35 am

    Bravo untuk anak anak yg telah berjuang mengharumkan nama Bangsa. Sebagian besar dengan usaha dan inisiatif sendiri tanpa kontribusi dr negara.

  2. Oktober 28, 2012 11:35 am

    Reblogged this on Her Life.

  3. Meta Ambar permalink
    November 29, 2012 11:35 am

    Prestasi yang membanggakan! Mohon info alamat dan nomor kontak untuk persuratan ke Sola Fide Voice Palangka Raya, Marsudirini Children’s Choir, Pangudi Luhur Youth Choir, The Choral Singers Jakarta. Terima kasih

  4. Randi Pratama permalink
    Februari 16, 2013 11:35 pm

    Prestasi yang mantab!

    ayo kunjungi jg fanspage facebookdotcom/partitursatb (ganti dot dg “.”)

    berbagi partitur lagu2 pop sederhana

Trackbacks

  1. Paduan Suara Indonesia Raih 6 Emas & 2 Perak di Canta Al Mar Festival Coral Internacional, Spanyol | dwisucilestari567

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: