Skip to content

Krishna Murti: Kombes Polri Peraih Medali PBB di New York, AS

Oktober 24, 2012

krishna mukti di indonesiaproud wordpress comSejumlah polisi dan personel militer mendapatkan penghargaan dalam rangka memperingati Hari Internasional Pasukan Penjaga Perdamaian PBB  atau UN Peacekeeper Day pada 29 Mei lalu.

Medali Kehormatan PBB tersebut diberikan kepada beberapa personil militer maupun polisi yang telah mendedikasikan dirinya bertugas di Markas Besar PBB.

Penghargaan tersebut diberikan di markas PBB New York, Amerika Serikat, yang dihadiri oleh keluarga besar PBB dan beberapa negara anggota PBB. Adapun pemberian medali ini secara khusus dilakukan oleh Under Secretary General Department Peace Keeping Operation, Hervey Ladsous.

Pada kesempatan itu, untuk pertama kalinya wakil dari Indonesia, Kombes Polisi Krishna Murti menerima pemberian medali tersebut.

Krishna Murti adalah anggota Polri pertama yang bertugas di Markas Besar PBB di New York sejak berdirinya PBB sampai dengan sekarang.

Saat ini Krishna menjabat sebagai Police Planning Officer (Pejabat Perencana Kepolisian) pada Kantor Divisi Kepolisian, Markas Besar PBB.

Keberadaan anggota Polri pada Markas Besar PBB tersebut merupakan sebuah lompatan prestasi bagi Polri dalam berkompetisi dengan berbagai negara lain mendapatkan posisi strategis pada manajemen pengelolaan misi di tingkat pusat.

“Medali ini tentunya bukan hanya penghargaan buat saya pribadi, tetapi ini saya persembahkan untuk negara Republik Indonesia dan Polri,” ujar Krishna.

Menurutnya, kesempatan langka ini menjadi momentum yang baik bagi Indonesia khususnya Polri dalam memainkan peran strategis sebagai implementasi dari kebijakan Pemerintah Indonesia turut serta dalam perdamaian dunia sekaligus menjadi ‘Global Player’ pada misi perdamaian dunia tersebut.

Saat ini Polri telah berpartisipasi dalam berbagai misi perdamaian PBB, seperti di Darfur Sudan, Sudan Selatan, dan Haiti. Sedangkan berbagai misi lain yang pernah diikuti oleh Polri sebelumnya antara lain di Namibia, Kamboja, Bosnia, Croatia, Kosovo, dan Afghanistan.

“Bahwa Polri saat ini sedang melakukan berbagai upaya pengembangan kontribusi pada misi perdamaian PBB di antaranya penyiapan 50 polwan yang akan dikirim ke berbagai misi PBB dan pasukan FPU (Form Police Unit) yang berada di Darfur,” paparnya.

Dalam perjalanan tugasnya, Krishna pernah ditugaskan di Bosnia pada tahun 1996-1997. Ia juga pernah menjadi Komandan Kontingen Garuda Bhayangkara pada UNAMID Mission di Darfur pada tahun 2008-2009.

Selain pasukan penjaga perdamaian PBB perwakilan Indonesia, ada 31 orang lainnya dari 21 negara anggota PBB yang mendapat medali serupa. Acara tersebut diselenggarakan secara khusus untuk mengenang 2.900 pasukan penjaga perdamaian yang telah tertumpah darahnya sejak tahun 1948, untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan.

Saat ini di seluruh 15 Misi Perdamaian yang digelar oleh PBB juga mengadakan acara untuk memperigati Hari Internasional Pasukan penjaga perdamaian PBB.

Berbagai kegiatan dilaksanakan pada acara tersebut termasuk pemberian medali, upacara dengan berbagai mitra internasional maupun nasional, sumbangan kemanusiaan dan konsultasi kesehatan gratis juga melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, panti asuhan, rumah sakit dan penjara juga dilakukan di daerah misi.

Sumber: news.detik.com

Kontributor: Krishna Mukti (Police Planning Officer UNDPKO/OROLSI/Police Division/SPDS 380 Madison Avenue, Manhattan, New York, USA 10017)

4 Komentar leave one →
  1. Oktober 28, 2012 11:35 am

    Reblogged this on Her Life.

  2. aspikar permalink
    Oktober 10, 2013 11:35 am

    Trim’s bpk yg telah megharumkan nama Polri di kancah international, yakinlah pak pengikut dan penganti bpk akan banyak yg nyusul

  3. elisabet mw. permalink
    November 6, 2013 11:35 am

    Bangga… Polri punya KBP Khrisna Mukti, pribadi yang humble, smart and tough.

Trackbacks

  1. Krishna Murti: Kombes Polri Peraih Medali PBB di New York, AS | soetta.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: