Skip to content

PSM Unair Juara di International Warsaw Choir Festival “Varsovia Cantat” Polandia

November 1, 2012

PS Unair di indonesiaproud wordpress comPaduan Suara Mahasiswa dari Universitas Airlangga (PSM Unair) Surabaya mengharumkan nama Indonesia dengan meraih juara untuk kategori Mixed Choirs Adults dan Equal Voices Choirs di ajang 8th International Warsaw Choir Festival “Varsovia Cantat” yang berlangsung di Warsawa, Polandia pada 27-28 Oktober 2012.

Paduan suara yang beranggotakan sebanyak 48 orang ini, terdiri dari para penyanyi, pembina dan seorang bertindak sebagai Dirigent/Conductor, Yosafat Rannu Leppong, bersaing dengan para peserta dari Polandia, Latvia, Slovenia, Estonia dan Macedonia. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari Asia yang mengikuti festival tersebut.

varsovia cantat di indonesiaproud wordpress comFestival “Varsovia Cantat” yang berasal dari bahasa Latin yang artinya “Warsawa Bernyanyi” ini adalah salah satu dari puluhan festival paduan suara di Polandia.

Pada babak kompetisi kategori Mixed Choirs Adults yang berlangsung pada 27 Oktober 2012 di aula konser dalam gedung Universitas Fryderyk Chopin, tim Paduan Suara Unair Surabaya mempersembahkan repetoire antara lain Ave Maria, Ahtoi Porosh, Usnijze mi, usnij.

Kemudian dalam kompetisi kategori Equal Voices Choirs, kelompok PSM Unair (Male Choir) menampilkan repertoire, yakni O vos omnes, Gunung Salahutu, Alleluja dan Tenebrae Factae Sunt.

Tim PSM Unair Surabaya dinyatakan sebagai juara pertama dalam kompetisi “Varsovia Cantat” kategori Mixed Choirs Adults. Disusul sebagai pemenang kedua adalah Paduan Suara Universitas Decoro, Riga, Latvia. Sebagai juara ketiga juga dari Latvia, yakni Paduan Suara Anima, Riga.

Pada babak kompetisi kategori Equal Voices Choirs, kelompok PSM Unair (Male Choir) berhasil memperoleh juara pertama. Sebagai pemenang kedua adalah Paduan Suara MKC, Skopje, Macedonia (Female Choir). Terakhir sebagai juara ketiga adalah kelompok Paduan Suara Dziedonis Universitas Latvia (Male Choir).

Selama berada di Warsawa, Tim PSM Unair juga mengikuti konser bersama di Gereja St. Anthony Mary Zaccari dengan lagu-lagu antara lain Tenebrae Facta Sunt, Ave Maria, Shenandoah, Usnijze mi, usnij. Mereka juga mempersembahkan lagu-lagu dari Indonesia seperti Nyiur Hijau, Ondel-ondel dan Marencong-rencong.

Setelah mengikuti acara penutupan “Varsovia Cantat”, rombongan melanjutkan perjalanannya menuju Berlin dan Amsterdam pada 28 Oktober 2012 sebelum kembali ke tanah air.

Sumber: kemlu.go.id (KBRI Warsawa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: