Skip to content

Deden Sumardi Putra: Pastry Chef Selebritas Hollywood yang Tampil di Rachael Ray Show

November 21, 2012

deden sumardi putra di indonesiaproud wordpress comBila anda mendengar kata chef,  yang terbayang dalam pikiran anda mungkin seorang pria berpakaian putih, memakai topi tinggi dan menjadi raja dapur sebuah hotel berbintang atau restoran mahal.

Kebanyakan profesi chef dilakoni pria dan Deden Sumardi Putra adalah salah satu chef berbakat asal Indonesia yang menancapkan kariernya sampai ke New York, Amerika Serikat.

Sejak kecil Deden sudah dekat dengan dunia kuliner dan ia belajar dari sang ibu. Karena sering mambantu ibunya saat membuat kue sedikit banyak ia tahu bahan dan jenis kue.

“Saya senang membantu ibu, kalau beliau sedang membuat kue. Tetapi saat itu saya belum tahu kalau pastry akan menjadi jenjang karier saya,” ungkapnya.

Kecintaannya pada pastry dimulai ketika ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Tanpa ia sadari hobinya mengantarnya pada profesi kerja.

Mengawali karier di Singapura sebagai chef atau juru masak bidang kue, Deden memanfaatkan pengalamannya sebelum sampai di Amerika.

Pada 2006 ia bergabung dan bekerja dengan tim pembukaan Shangri-La Hotel, Jakarta sampai akhirnya memutuskan untuk ikut pelayaran hingga berkarir di Los Angeles. Deretan hotel ternama seperti, Accor’s Hotel, A Four Seasons Hotel di Beverly Hills,sampai bergabung dengan Jumeriah group di New York merupakan daftar pengalaman kariernya. Saat ini ia bekerja di Peninsula Hotel, New York.

Sudah 15 tahun Deden menetap di Amerika, tapi berkarier di Amerika bukanlah akhir dari pencapaiannya. Pria asal Bandung itu mengaku masih punya impian yaitu membuka bisnis sendiri.

“Masa depan saya tidak terbatas, saya masih ingin melakukan perjalanan dan karena semangat kewirausahaan saya, pada akhirnya saya akan membuka bisnis saya sendiri,” paparnya.

Penghargaan adalah kebanggaan

Tidak hanya berkreasi di dapur saat bekerja saja, Deden pun mencoba mempresentasikan keahliannya dengan mengikuti banyak kompetisi. Keuletan dan pengalamannya membuahkan hasil, karyanya sering menang dalam beberapa kompetisi. Satu pengalaman yang sampai saat ini tidak bisa dilupakan adalah, saat diundang tampil dalam acara paling populer di televisi Amerika, Rachel Ray Show.

“Luar biasa sekali bisa tampil di acara paling populer di TV Amerika. Ini penghargaan paling tinggi yang tidak bisa saya lupakan,” akunya senang.

deden sumardi putra di indonesiaproud wordpress com

Baginya pengalaman khusus seperti itu merupakan keberhasilan yang tidak bisa diukur dengan materi. Setelah bekerja di Beverly Hills dan sekarang di New York City, Deden mengaku sudah banyak membuat kue untuk orang-orang berpengaruh di Amerika, diantaranya presiden, bintang film seperti Brad Pit, Julia Robert, Oprah dan masih banyak lagi.

Namun, arti kepuasan bagi dirinya bukan saja dapat menyenangkan banyak orang, melainkan juga bisa ambil bagian dari acara istimewa dalam kehidupan orang lain dan itu merupakan kepuasan yang tidak ternilai.

Meski menetap lama di Negeri Paman Sam, Deden tak melupakan Tanah Air, sebagai Pastry Chef yang berlatar belakang French training dan punya segudang pengalaman. Deden unggul dalam makanan penutup, klasik dan tradisional. Ia mencoba berbagai eksperimen hidangan yang dipadukan dengan bahan-bahan tradisional.

“Aku memanfaatkan dan selalu mencoba menggunakan rempah-rempah, cokelat, kacang atau bahan apapun asal Indonesia ke dalam kreasi dan memperkenalkannya pada para tamu” katanya.

Suatu hari nanti, saat ia merasa sudah cukup mengantongi pengalaman Deden mengaku akan kembali ke tanah kelahirannya dan membangun usahanya sendiri.

“Tentu saja, karena saya tidak akan lupa dari mana saya berasal. Kalau waktunya sudah tepat dan saya merasa sudah cukup dengan pengalaman, saya akan kembali ke Indonesia,” tuturnya.

Tak sekadar kemampuan memasak yang dibutuhkan untuk menjadi seorang chef. Berdedikasi tinggi, displin, kreatif dan mau mencoba sesuatu yang baru, menjadi modal dasar untuk profesi chef yang saat ini banyak jadi incaran banyak orang.

Sumber: kabarinews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: