Skip to content

“Laut Bercermin” Raih Film Anak Terbaik di Asia Pacific Screen Awards, Australia

November 26, 2012

the mirror never lies di indonesiaproud wordpress comFilm Laut Bercermin atau The Mirror Never Lies kembali meraih penghargaan internasional.

Kali ini Laut Bercermin ditetapkan sebagai pemenang di Asia Pacific Screen Awards pada kategori Film Cerita Anak-Anak Terbaik.

Pengumuman pemenang dan upacara pemberian penghargaan dari festival ini dilakukan pada 23 November 2012 di Queensland Performing Arts Center, Brisbane, Australia dan dihadiri sekitar 700 undangan.

Film produksi tahun 2011 ini merupakan karya dari Kamila Andini, putri dari sutradara Garin Nugroho yang juga menjadi produser bagi film tersebut bersama Nadine Candrawinata.

Film ini mengambil latar belakang keindahan Taman Laut Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dengan cerita seorang gadis kecil bernama Pakis yang berusaha menemukan sang ayah yang hilang ketika berada di laut. Pakis melakukan ritual suku bajo dimana mereka percaya dengan menggunakan cermin, Pakis akan melihat bayang ayahnya.

Festival Asia Pacific Screen Awards ini merupakan lomba tahunan yang diselenggarakan keenam kalinya yang diselenggarakan oleh Negara Bagian Queensland. Festival ini dimaksudkan untuk mempromosikan film, aktor, sutradara, dan budaya dari Asia Pasifik ke dunia internasional.

Jaringan televisi ABC menggambarkan festival ini seperti perayaan Oscar di Amerika Serikat. Dalam kategori film cerita anak-anak terbaik dimana Laut Bercermin menjadi pemenang, yang memilih bukan dewan juri, tetapi para anggota dari 70 negara yang tergabung dalam Akademi.

Selain penghargaan Asia Pacific Screen Awards, lewat film Laut Bercermin, sutradara Kamila Andini mendapatkan Bright Young Talent Award di Mumbai Film Festival 2011, India. Film ini juga masuk nominasi film terbaik pada 4 Festival Film Internasional (FFI), yaitu Busan International Film Festival (Korea Selatan), Tokyo International Film Festival (Jepang), Mumbai International Film Festival (India), dan Canada International Film Festival (Kanada) serta menjadi perbincangan di Berlinale 2012, Jerman.

Sumber: kompas.com, indonesiaproud.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: