Skip to content

Mahasiswa UGM Raih The Standard CM Category Award di Tokyo, Jepang

November 29, 2012

Ultra Shiny Man UGM di indonesiaproud wordpress comSiapa yang tak kenal Ultraman? Superhero asal Jepang yang cukup populer di era tahun 90-an ini ternyata menjadi inspirasi 4 mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, dalam menciptakan sebuah iklan produk.

Bahkan, karya mereka menjadi juara dalam ajang kompetisi periklanan berskala internasional bertajuk 7th GATSBY Student CM Award yang dihelat pada 17 November 2012 di Tokyo, Jepang.

Keempat mahasiswa UGM, yakni Cahya Purusatama, Nur Arief Hidayat, Matahari Asysyakuur dan Rarkyan Astungkara, berhasil meraih The Standard CM Category Award atau Penghargaan Terbaik Kategori Standard atas karya mereka yang berjudul Ultra Shiny Man dalam ajang tersebut.

Menurut penuturan Cahya, kemenangan mereka pada kompetisi tersebut karena ide yang menonjol dan pemikiran mendalam dari karya yang mereka buat. Ide tersebut adalah bagaimana membuat wajah seseorang cerah dan tidak berminyak dengan produk pembersih muka.

Cahya mengatakan sebelum lolos ke babak final mereka harus menyisihkan 22 finalis lain dari beberapa negara Asia, seperti Hongkong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Taiwan dan Thailand.

“Keseluruhan sebelumnya ada dua ribuan finalis sebelum diseleksi. Dari Indonesia selain UGM, ada Universitas Mercubuana Jakarta dan Presiden University,”katanya.

Senada dengan Cahya, Nur Arief mengatakan tim UGM pada kompetisi ini sebelumnya mengirimkan tiga buah karya. Namun, setelah diseleksi akhirnya hanya satu karya saja yang dinyatakan lolos, yaitu Ultra Shiny Man.

Karya yang sebagian mengambil inspirasi dari film Ultraman tersebut dibuat di kampus UGM dengan waktu kurang dari satu minggu. “Hanya butuh waktu sekitar dua hingga tiga hari saja,” ujar Nur.

Nur menjelaskan tahun 2012 ini merupakan tahun ke-7 dari penyelenggaraan GATSBY Student CM Award. GATSBY Student CM Award adalah kontes pembuatan karya film pesan komersial dengan tema produk GATSBY.

Kategori yang diperlombakan pada kompetisi ini adalah Kategori Grand Prix dan Kategori Award. Adapun Dewan juri yang terlibat berasal dari para praktisi dan akademisi periklanan ternama di Jepang.

Atas prestasi yang diraih ini, tim UGM memperoleh hadiah uang tunai sebesar 100.000 Yen atau sekitar 11.680.000 rupiah, EDIUS, dan Memorial Cube.

Sumber: ugm.ac.id, kampus.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: