Skip to content

Tim Mahasiswa ITB Juara Dunia Kompetisi Pemrograman IEEExtreme 6.0

November 30, 2012

tim informatika ITB di indonesiaproud wordpress com

Tim mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) bernama Dongskar Pedongi membuktikan diri sebagai tim pemrograman terbaik di dunia pada ajang IEEExtreme 24-hour Programming Competition 6.0.

“Kemenangan ini sungguh luar biasa dan sangat mengagetkan kami,” kata Suwarno, Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB.

Tim yang beranggotakan Ronny Kaluge angkatan 2008, Irvan Jahja (2009), dan Chistianto Handojo (2010) berhasil mengalahkan 1.940 tim mahasiswa dari berbagai negara.

Selain Tim Dongskar Pedongi, ITB juga diwakili oleh tim lain yang terdiri atas Reinhard Dennis (2009), Edwin Lunando (2009), dan Jordan Fernando (2010).

“Saya lihat data pesertanya sampai merinding, karena tim berasal dari ratusan negara dan banyak dari universitas top dunia di Amerika, Eropa, dan Asia,” ujarnya.

IEEEXtreme 2012 di indonesiaproud wordpress comTim-tim dari berbagai universitas di dunia ini diadu untuk mengerjakan soal-soal pemrograman selama 24 jam. Kompetisi tahun ini merupakan kompetisi yang keenam yang sudah diselenggarakan.

Penyelenggaranya adalah Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), sebuah asosiasi profesional di bidang kelistrikan, elektronika, dan komputer, yang berbasis di Amerika Serikat.

Setiap tim yang terdiri dari 3 orang diuji dengan soal-soal pemrograman dengan sejumlah pilihan bahasa, seperti Java, C, C++, C#, Python, Ruby, dan Perl.

Menurut Christianto, lomba itu berlangsung secara online pada 20 Oktober 2012. Timnya mengambil tempat di kampus ITB. Mereka bergantian mengerjakan soal yang totalnya berjumlah 20 masalah.

“Setiap jawaban yang dikirim, hasil dan nilainya langsung diketahui,” katanya. Hasil dan juaranya diumumkan pada 22 November lalu.

Pemenang kedua adalah tim Los Desempleados dari Universidad Nacional de Ingenieria dari Lima, Peru dan juara ketiga tim Meeyo dari University of Moratuwa, Sri Lanka. Kedua tim itu mendapat hadiah berupa netbook.

Adapun tim ITB diberi kesempatan mengikuti konferensi IEEE di mana pun, dan seluruh biayanya ditanggung panitia.

Sumber: tempo.co, informatika.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: