Skip to content

Siswa Indonesia Raih 2 Emas di International Junior Science Olympiad, Iran

Desember 11, 2012

IJSO 2012 di indonesiaproud wordpress comSiswa Indonesia berhasil menyabet 2 medali emas dan menduduki peringkat ketiga dalam International Junior Science Olympiad (IJSO) yang berlangsung di Tehran, Iran pada 1-10 Desember 2012.

Peringkat pertama dan kedua diraih China Taipei (6 medali) dan Rusia (5 medali). Sedangkan di bawah Indonesia adalah Thailand (2 medali) serta Brazil dan Hungaria masing-masing 1 medali.

Dubes RI untuk Tehran, Dian Wirengjurit mendapat kesempatan mengalungkan medali kepada peraih emas, yaitu Kevin Limanta (SMP Intan Permata Hati Surabaya) dan Rahmat Waluyo (SMP Negeri 2 Semarang).

Selain emas, Indonesia juga menyabet perak untuk kategori Best Team Experimental dengan tim yang terdiri dari Rahmat Waluyo, Dennis Deviandoni dan Timothy Antoni, dan kategori Best Theoritical dengan peserta Kevin Limanta.

Indonesia juga memperoleh 6 perunggu yang diraih oleh Dennis Deviandoni (SMP Negeri 1 Banyuwangi), Steven Sebastian (SMP PL Dominico Savio Semarang), Timothy Antoni (SMPK 5 Penabur Jakarta), Viriyadhika Putra (SMP Kemurnian 2 Jakarta), Roihan Mohamad Iqbal (SMP Negeri 2 Purworejo) dan Tohari Catur Pamungkas (SMP Sragen BBS).

International Junior Science Olympiad (IJSO) adalah kompetisi tahunan bidang ilmu pengetahuan alam (sains), yang mencakup mata pelajaran Fisika, Biologi, dan Kimia untuk kelompok usia 15 tahun tingkat SMP.

IJSO merupakan prakarsa Indonesia dan pertama kali diselenggarakan tahun 2004. IJSO telah mendapat pengakuan internasional secara signifikan di bidang pendidikan ilmu pengetahuan alam bagi generasi muda.

Dalam IJSO di Tehran kali ini tim olimpiade Indonesia berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 orang pelajar tingkat SMP terbagi menjadi 4 kelompok dan 11 orang terdiri dari tim leaders (Pengajar FMIPA UI) dan ofisial.

Olimpiade tersebut dibuka President IJSO Prof. Dr. Masno Ginting, M.Sc dan dihadiri oleh 169 orang pelajar dari 29 negara dan 2  negara sebagai observer.

Olimpiade bertempat di National Institute for Genetic Engineering and Biotechnology (NIGEB) Tehran. Rangkaian kompetisi yang dilombakan adalah (1) Multiple Choice Competition (Individu), (2) Theoretical Competition (Individu), dan (3) Experimental Competition (Tim: 3 Peserta), dengan 3 bidang studi yang dikompetisikan secara terpadu (Biologi, Fisika, dan Kimia).

IJSO ke-10 akan diselenggarakan di Mumbai, India pada 3-12 Desember 2013.

Sumber: kemlu.go.id (KBRI Tehran)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: