Skip to content

Siswa SMAN 1 Sidoarjo Raih Juara di Asia Pacific ICT Alliance (APICTA) Award, Brunei Darussalam

Januari 8, 2013

apicta wallpaper2

M. Rizqi Aulia Rahman Maulana dan M. Rindo Wardhana dari SMAN 1 Sidoarjo mengukir prestasi membanggakan dalam bidang informasi teknologi (IT). dengan meraih juara 2 dalam Asia Pacific ICT Alliance (APICTA) Award ke-12 yang diselenggarakan pada 3-5 Desember 2012 lalu di Brunei Darussalam.

rizqi & rindo di indonesiaproud wordpress comM. Rizqi (17) dan M. Rindo (17) adalah siswa kelas 3 jurusan IPA SMAN 1 Sidoarjo. Mereka berhasil menyisihkan peserta dari 11 negara lainnya dengan membuat karya bernama edunesia.org, sebuah website yang didesain untuk sarana belajar secara online. “Tidak butuh biaya banyak untuk menciptakan website ini,” kata Rizqi.

Ia dan Rindo mendesain website dengan aplikasi program komputer yang dipelajarinya secara otodidaktik sejak SMP. Mereka mengeluarkan uang untuk membayar domain dan biaya server senilai US$ 12,29 atau Rp 120.000 per tahun dan untuk domain dan server US$ 5,59 atau Rp 50.000 per bulan.

Menurut kedua siswa IPA ini, desain website itu mereka rancang selama dua bulan. Waktu itu dipakai untuk menggali ide, membuat desain, membuat program, hingga mengisi katalog mata pelajaran bidang IPA. “Tidak harus mendaftar, asal punya akun media sosial, bisa masuk ke website ini,” kata Rizqi.

Website mereka berisikan sejumlah fitur layaknya fitur yang ada di sejumlah sosial media, misalnya Facebook, Google, Openid, dan Twitter. “Sehingga website ini lebih menyenangkan karena bisa saling berinteraksi,” kata M. Rizqi.

edunesia di indonesiaproud wordpress comMenurut Rindo, edunesia.org, sesuai namanya, diperuntukkan bagi sarana edukasi siswa secara online. Selain antarsiswa, website didesain untuk berinteraksi antara siswa dan guru. “Siswa bisa bertanya pelajaran tertentu pada guru bidang studi tertentu,” ujarnya.

Semua fitur yang ada berkaitan dengan pembelajaran. Ada fitur latihan soal dan rangkuman, butuh bimbingan guru, tanya bebas dan tugas soal, tugas kelompok, live teaching, hingga fitur tryout online. Dengan fitur itu, siswa juga bisa belajar berkelompok tanpa tatap muka.

Kesulitan siswa saat mengerjakan tugas juga bisa diatasi dengan website ini. Siswa bisa memanfaatkan fitur butuh bimbingan guru. Siswa cukup mengetik materi pertanyaan, dan sistem website ini akan mengarahkan pertanyaan itu ke guru yang sedang online. Pertanyaan pun langsung terjawab.

Kepala SMAN 1 Sidoarjo, Sukemad, berharap prestasi yang diukir dua siswanya ini mampu menjadi inspirasi bagi adik-adik kelasnya menorehkan prestasi serupa di bidang lainnya. “Sekolah akan mendorong siswa untuk berkarya. Kami siap memfasilitasi semaksimal mungkin,” ucapnya bangga.

Sumber: tempo.co, sman1-sda.sch.id

3 Komentar leave one →
  1. Januari 8, 2013 11:35 pm

    Baru tahu ada blog kren begini, salut dedikasi mas buat bikin blog ini. Coba ada versi bahasa inggrisnya 😀

    • Januari 8, 2013 11:35 pm

      Coba Levitt klik icon/gambar bendera Inggris yang ada di pojok kanan atas blog iProud. Mudah-mudahan bermanfaat.

      • Januari 9, 2013 11:35 am

        Wah bermanfaat sekali, bisa di promote & dibaca temen2 di luar, biar mereka tau Indonesia itu punya anak2 bangsa yang juga berprestasi yang kadang pemerintah kita sendiri cuek dengan anaknya, sukses terus buat blog ini, salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: