Skip to content

Tim Dongskar Pedongi ITB Jadi Finalis ACM International Collegiate Programming Competition 2013 di Rusia

Januari 10, 2013

tim dongskar pedongi di indonesiaproud wordpress comSetelah menjuarai lomba IEEExtreme 24-hour Programming Competition pada November 2012 silam, Tim Dongskar Pedongi yang terdiri dari Irvan Jahja, Christianto Handojo, dan Ahmad Zaky dari Teknik Informatika ITB melaju ke babak final ACM International Collegiate Programming Competition (ICPC) 2013 yang akan digelar di St. Petersburg, Rusia, pada Juni 2013 mendatang.

ACM ICPC merupakan kontes pemrograman tahunan bertaraf internasional yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Baylor University di Texas dan disponsori langsung oleh IBM. ACM ICPC adalah kontes pemrograman komputer paling kompetitif di dunia yang diikuti sekitar 112 universitas terbaik di seluruh dunia.

Kontes bergengsi ini diarahkan langsung oleh seorang guru besar dari Baylor University, Profesor William B. Poucher sebagai Direktur Eksekutif dengan dibantu oleh Association for Computing Machinery (ACM). ACM ICPC terdiri dari kontes regional yang diselenggarakan secara global, di mana para pemenang dari kontes regional akan melaju terus ke babak final dalam tingkat internasional.

Foto : ITB

Dalam kontes regional tingkat Asia, Tim Dongskar Pedongi telah berhasil mengalahkan tim-tim unggul lainnya dari Cina, Taiwan, dan sekitarnya. Pada kontes tahun ini, tim ini menjadi best local team dan memperoleh poin tambahan yang membawanya melaju ke babak final.

acm icpcTim Dongskar Pedongi ke babak final ini merupakan prestasi luar biasa yang menyambung keberhasilan tim tahun sebelumnya berlaga pada ACM ICPC dalam tingkat internasional pula.

Pada kontes pemrograman ini, Irvan (TI 2009),  Christianto (TI 2010), dan Ahmad (TI 2012) bekerja sama untuk mendesain sebuah perangkat lunak untuk memecahkan permasalahan nyata pemrograman komputer dalam tenggat waktu 5 jam yang melelahkan.

Tim yang akan keluar sebagai pemenang adalah tim yang berhasil memecahkan masalah dengan kuantitas terbanyak secara tepat, dan dalam waktu paling singkat serta usaha percobaan paling sedikit. Kreativitas, kerja sama tim, dan inovasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak menjadi beberapa parameter tuntutan utama dalam kontes ini.

Sumber: itb.ac.id

One Comment leave one →
  1. Januari 14, 2013 11:35 pm

    Reblogged this on Epaulet Love and commented:
    Ayooooo!!!! Saklar Lhompat dan Vidina 2.0 jangan mau kalah 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: