Skip to content

Tim Indonesia Juara Kompetisi Pahat Salju Internasional di Harbin, China

Januari 14, 2013

indonesiaproud wordpress comIndonesia adalah negara yang beriklim tropis karena terletak di khatulistiwa dan tidak mengenal musim salju.

Namun, hal itu bukan berarti Indonesia tidak bisa berprestasi dalam hal yang berkaitan dengan es atau salju.

Tim Indonesia yang tergabung dalam Kreasi Budaya Indonesia Foundation mengukir prestasi gemilang dengan berhasil meraih juara 3 pada Festival Pahat Salju Dunia atau The 18th Harbin International Snow Sculpture Competition yang digelar di Sun Island Harbin China pada 31 Desember 2012 hingga 3 Januari 2013.

Tim Indonesia terdiri dari Sapto Hudoyo dari Hotel Le Grandeur Mangga Dua, I Nyoman Sungada dan I Ketut Kaler dari Bali, Frans Sigar dari Manado, serta Agustono Gentari sebagai pemimpin rombongan. Kompetisi bergengsi ini diikuti oleh 20 tim dari 10 negara.

tim pahat salju indonesiaproud wordpress comTim dari Indonesia harus berjuang melawan suhu ekstrem minus 30 sampai 35 derajat celsius untuk menyelesaikan patung salju “Garuda” dalam waktu 3,5 hari.

Perjuangan tim Indonesia tentu saja tidak sia-sia ketika mereka menang sebagai juara ketiga. Juara pertama dan kedua diraih oleh tim dari Perancis dan Rusia.

Penilaian berdasarkan dari tingkat kesulitan, kedisiplinan dalam bekerja, serta kreativitas dan waktu. Kemenangan tim Indonesia yang merupakan negara tropis dan tidak pernah mengenal salju tentu mengundang banyak decak kagum.

“Alhamdulillah, tim Indonesia mendapatkan juara tiga dunia. Ini merupakan kebanggaan bangsa kita, karena meskipun negara kita tidak memiliki salju, akan tetapi sudah beberapa kali memenangkan lima besar, dan beberapa kali juga mendapatkan juara satu sedunia di Sapporo Jepang,” ujar juru bicara Kreasi Budaya Indonesia Foundation, Machiko Nacih.

Wali Kota Harbin, Song Xibin mengatakan bahwa festival ini mempertemukan tokoh pematung dari seluruh dunia. Dia mengaku merasa sangat terhormat bisa menjadi tuan rumah dalam festival dunia tersebut.

Menurut Xibin, festival tersebut akan memberikan kesempatan kepada negara-negara untuk bertukar kesenian dengan pematung dari berbagai negara, juga kesempatan untuk menikmati musim dingin kota Harbin.

Sumber: fajar.co.id, kompas.com

Tim pahat RI raih juara 3 di China (indonesiaproud wordpress com)

3 Komentar leave one →
  1. Ariesta permalink
    Januari 20, 2013 11:35 am

    Wahhhh… Bangga:)

  2. Januari 24, 2013 11:35 pm

    Hebat….!! Prestasi yang sungguh membanggakan! Yang seperti ini harus lebih banyak di expose ke media!

  3. imut permalink
    Januari 31, 2013 11:35 am

    Wah….bangga sekali dengan mereka yang bisa mengharumkan nama indonesia…
    Ini bisa jadi contoh untuk anak2 muda supaya selalu berkreativitas
    semangat!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: