Skip to content

Sonita Lontoh: Srikandi di Silicon Valley, AS

Januari 14, 2013

sonita lontoh di indonesiaproud wordpress com

Bila anda orang yang berkecimpung di bidang IT, tentunya kata Silicon Valley, AS tidak asing di telinga anda. Mungkin itulah tempat idaman anda untuk bekerja dan mengembangkan karier. Di antara sekian banyak ahli IT dunia di sana, ada seorang wanita berasal dari Indonesia, yakni Sonita Lontoh.

Sonita dikenal oleh dunia lewat kiprahnya di bidang green technology, khususnya tentang Smart Grid. Fokusnya saat ini adalah mengedukasi keuntungan yang didapat dari Smart Grid untuk mempercepat adopsi global.

Perempuan yang memiliki darah Manado-Padang ini memang menduduki posisi eksekutif di Trilliant, sebuah perusahaan berkonsep ‘green technology’ cukup ternama bertempat di Silicon Valley, AS, yang produk utamanya adalah Smart Grid.

Peraih Master of Engineering dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang juga cross registered di Harvard Business School ini juga rupanya sadar betul tentang pendidikan. Di waktu yang sama ia juga berhasil meraih gelar MBA dari Kellogg School of Management di Northwestern University, serta gelar sarjana teknik industri dan operasi di University of California Barkeley.

Sonita tercatat sebagai mentor profesional untuk Program TechWoman pimpinan Hillary Clinton yang mengimplementasikan visi Presiden Barack Obama tentang peningkatkan hubungan baik antara Middle East dengan pemerintah AS di bidang energi.

Sonita juga aktif dalam Clean Energy Education & Empowerment (C3E), sebuah program inisiatif Departemen Energi AS dan MIT untuk memajukan kepemimpinan profesional perempuan dalam clean energy.

Istri dari Adam Skargard ini juga tercatat sebagai penerima penghargaan Diaspora untuk Kewirausahaan dan Keunggulan Korporasi, yang diberikan sendiri oleh Pemerintah Indonesia untuk diaspora yang luar biasa dan telah diundang untuk bertemu dengan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Pengalaman profesionalnya di bidang energi dan teknologi ramah lingkungan memang terbilang sudah cukup mumpuni yaitu lebih dari 10 tahun. Ia pun pantas digelari pakar yang cukup dikenal di Amerika.

Lewat kompetensinya itu, wanita berambut pendek yang senantiasa selalu menampilkan senyum ramahnya ini berkeinginan untuk menambah jumlah pemimpin wanita di bidang yang sekarang banyak didominasi oleh kaum pria ini.

Suka Matematika

sonita lontoh di indonesiaproud wordpress comDari kecil Sonita memang senang matematika. Oleh karenanya, sewaktu mau cari jurusan di universitas, ia bingung. Sonita suka teknik, tapi juga suka bisnis. Jadi akhirnya, ia mengambil jurusan Teknik Industri di Barkeley. Setelah lulus, bersama dua temannya membuat semacam perusahaan internet pada tahun 1998.

Awalnya mereka ingin perusahaannya seperti Yahoo!, tapi Yahoo!-nya buat Greater China Region, karena kebetulan, dua temannya di Barkeley ini, satu dari Cina daratan, satu lagi dari Chinese American. Namun akhirnya mereka incorporasi ke Beijing, kemudian buka kantor dengan 30 orang pegawai.  Karena melihat business modelnya Yahoo! dapat revenue-nya dari advertising dan advertising mereka rendah jadi mereka cepat-cepat ganti business model.

Setelah melakukan semacam market survey (1998) dan mempelajari bahwa kebanyakan internet user di China adalah laki-laki dengan umur 18-36 tahun dan mereka suka bermain game online, akhirnya mereka mengubah business model-nya ke online games company. Selang beberapa lama, perusahaan tersebut kemudian dijual ke perusahaan lain, di mana mereka ingin memasuki bidang yang sama, tapi beli saja dari perusahaan yang sudah ada user basenya. Investornya ada yang dari  Amerika, friends and family, ada juga yang dari Taiwan.

Mereka menjual perusahaannya karena sepertinya, dua mitra bisnis Sonita itu ada ketertarikan pada bidang lain, namun mereka tidak ingin mematikan bisnis tersebut, walaupun diserahkan ke orang lain. Mereka berpikir yang penting masih bisa dilanjutkan. Kebetulana ada orang yang tertarik dan dia ingin memasuki bidang tersebut, tapi tidak memulai dari awal, akhirnya mereka menjual padanya.

Bergabung dengan Trilliant

sonita lontoh di indonesiaproud wordpress com bergabung dengan Trilliant sudah hampir dua tahun. Ia masuk langsung sebagai Kepala Bagian Marketing. Tugasnya macam-macam, mulai dari public relations, analyze relations, branding, positioning, solution marketing kayak product marketing, marketing communication, event, yang mencakup di dalamnya. Sonita membawahi 13 orang pegawai.

Kliennya lumayan banyak. Semuanya perusahaan energi yang ada di Amerika Utara dan di Eropa. Sekarang ini ada beberapa di Asia juga. Ada lebih dari 200 klien yang ada di seluruh dunia, tapi istilahnya masih emerging, belum mass scale. Selain itu, perusahaannya memiliki representatif office di Kanada, Boston, Chicago, Singapura, dan London.

Sejauh ini Sonita masih enjoy dengan kariernya di perusahaan tersebut. Ketika ia ditanya apakah akan pindah kewarganegaraan? Wanita peraih Global Emerging Leader Under 40 in 2012 dari National Association of Asian MBA di AS ini menjawab “Belum sih, pokoknya tetap orang Indonesia aja deh!”

Sumber: swa.co.id

One Comment leave one →
  1. Prandtl permalink
    April 17, 2013 11:35 am

    KEREEEENNNNN BANGETTTTTTTTTT!! maju terus buat bu sonita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: