Skip to content

UTM-125 E-SPACE: Monorail “Made in Bekasi”

Januari 30, 2013

monorail buatan bekasi di indonesiaproud wordpress com

Wacana dan rencana pembangunan monorel di Jakarta sudah lama digaungkan, bahkan tiang-tiang penyanggah sebagian sudah didirikan. Namun, sampai saat ini proyek tersebut masih belum jelas kapan akan dimulai atau dilanjutkan.

Meskipun begitu, sebuah perusahaan pembuat monorel di Bekasi, PT Melu Bangun Wiweka berhasil mengembangkan sebuah prototipe monorel yang diberi nama UTM-125 atau E-SPACE Monorail atau kepanjangan dari Environment, Safety, Performance, Appearance, Comfort and Economics.

Monorel karya anak bangsa tersebut memiliki daya angkut 125 penumpang per gerbong, dan mampu menarik 6 gerbong sekaligus dengan laju kecepatan bisa mencapai 80 kilometer per jam. Monorail ini dibuat dengan komponen lokal  sebesar 96% yang meliputi resources maupun teknologi.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan sudah mengunjungi PT Melu Bangun Wiweka di Bekasi dan mencoba naik monorail di display rel yang telah disiapkan. Harga monorail buatan Indonesia ini jauh lebih murah dari harga monorail buatan luar negeri.

Pimpinan Melu Bangun Wiweka, Tris, menyampaikan kepada Dahlan bahwa pabriknya mampu membuat monorail lebih murah. Jika sebuah monorail impor membutuhkan investasi Rp200 miliar per kilometernya, maka monorail buatan Bekasi ini hanya mengeluarkan investasi Rp75-150 miliar per kilometernya.

“Orang-orang seperti beliau (Tris) perlu diberi kesempatan untuk mewujudkan mimpinya di negeri sendiri. Dengan begitu produksi monorailnya kelak tidak hanya digunakan di dalam negeri tapi juga bisa masuk ke pasar ekspor ke negara lain,” tegas Dahlan.

Sumber: republika.co.id, bisnis.news.viva.co.id, antaranews.com

One Comment leave one →
  1. Februari 4, 2013 11:35 am

    Semoga bisa diaplikasikan dan bermanfaat banyak bagi masyarakat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: