Skip to content

Stadion Utama Riau Masuk Nominasi Stadium of The Year 2012 Versi Stadiumdb.com

Januari 31, 2013

Stadion Utama Riau di indonesiaproud wordpress com

Sebuah stadion megah di Indonesia, yakni Stadion Utama Riau (Main Stadium of Riau) menjadi sorotan dunia karena masuk nominasi sebagai stadion terbaik dunia yang dibuka tahun 2012 atau Stadium of The Year 2012 versi portal stadiumdb.com dan stadiony.net.

“Dalam kedua situs tersebut masing-masing menggunakan bahasa Inggris dan Polandia yang memasukan nama Stadion Utama Riau sebagai stadion terbaik dunia,” ujar Chairul Riski, Kepala Biro Humas Setdaprov Riau (29/1).

Stadion Utama Riau diperlombakan untuk meraih penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh kedua situs tersebut dan sebagai satu-satunya kompetisi yang menghargai suara para pemilih, dimana akan dipilih 5 besar stadion dari daftar 16 nominasi.

Diantara nominasi tersebut terdapat 8 km Stadion di Kota Baku, Azarbaijan yang berkapasitas 11.000 kursi, kemudian Arena do Gremio di Kota Porto Alegre, Brasil (60.540 kursi) dan BBVA Compass Stadium di Kota Houston, Amerika Serikat (22.000 kursi).

Selain itu ada juga Bunyodkor Stadioni di Kota Tashkent, Usbekistan (34.000 kursi), Friends Arena di Kota Solna, Swedia (54.329 kursi), Grand Stade Lille-Metropole di Kota Lille, Perancis (50.157 kursi), dan Sparda Bank Hessen Stadion di Kota Offenbach, Jerman berkapasitas 20.600 kursi.

“Pada tahap nominasi yang ditentukan tanggal 15-22 Januari 2013 Stadion Utama Riau dinyatakan lolos, namun pada proses pemungutan suara yang dilaksanakan sebulan penuh terhitung 23 Januari-23 Februari kita masih tertinggal jauh,” katanya.

Lebih lanjut Chairul mengimbau, “Untuk itu kami mengharapkan dukungan dari masyarakat Indonesia yang berada dalam negeri maupun luar negeri, untuk mendukung Stadion Utama Riau meraih penghargaan,” ujarnya.

Untuk mendukung Stadion Utama Riau, Anda bisa mengakses ke http://stadiumdb.com/competitions/stadium_of_the_year_2012 dan memilih bintang 5 untuk Stadion Utama Riau, lalu memilih stadion lain dengan urutan bintang 4 hingga bintang 1 sesuai pilihan anda.

stadion utama riau di indonesiaproud wordpress comStadiumdb.com menulis bahwa Stadion Utama Riau yang dibangun di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau memiliki kapasitas 40.700 tempat duduk dan sebagai salah satu stadion di Indonesia yang menyediakan semua kursi bagi penggemar dengan tribun tertutup yang dilengkapi sinar matahari dan ventilasi.

Dengan anggaran sebesar Rp 800 miliar, tidak begitu mahal untuk kondisi yang sama di Eropa dan Amerika, stadion itu dibuka pada bulan September 2012 untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XVIII di Riau.

Pada 6-17 Juni 2013, stadion tersebut kembali akan digunakan untuk acara pembukaan Islamic Solidarity Games (ISG) III yang akan mempertandingkan cabang olahraga seperti atletik, archery, aquatic, badminton, bola basket, sepak bola, senam, karate, pencak silat, sepak takraw, sport climbing, taekwondo, tenis, traditional boad race, bola voli dan voli pantai, gulat, serta wushu.

Berikut daftar nominasi Stadium of The Year 2012 versi Stadiumdb.com.

  • 8km Stadionu di Azerbaijan.
  • Arena Do Gremio di Brazil.
  • BBVA Compass Stadium di Amerika Serikat.
  • Bunyodkor Stadioni di Uzbekistan.
  • Estadio Raimundo Sampaio di Brazil.
  • Friends Arena di Swedia.
  • Grand Stade Lille-Metropole di Perancis.
  • Incheon Football Stadium di Korea Selatan.
  • London Olympic Stadium di Inggris.
  • Myresjohus Arena di Swedia.
  • Netanya Stadium di Israel.
  • New York Stadium di Inggris.
  • Sparda Bank Hessen Stadion di Jerman.
  • Stade Oceane di Perancis.
  • Stadion Narodowy di Polandia.
  • Stadion Utama Riau di Indonesia.

Sumber: republika.co.id pekanbaru, stadiumdb.com

One Comment leave one →
  1. imut permalink
    Januari 31, 2013 11:35 am

    Wah bangga…..indonesia masuk
    aku tadi baru saja mencoba ngevote…dan aku berharap untuk semua rakyat indonesia juga ikut ngevote…
    Semoga indonesia bisa menang!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: