Skip to content

Komik “Garuda Riders” Tembus Pasar iTunes Jepang dan Dibuat Film Animasinya

Februari 8, 2013

Sekitar pertengahan November 2012 lalu, Mechanimotion Entertainment bekerja sama dengan Elven Games dan Moon Eclipse merilis sebuah komik interaktif  Garuda Riders volume pertama, The Runaway di Google Play Store.

Setelah dua bulan berlalu, komik interaktif yang dikembangkan berdasarkan dunia The Adventures of Wanara ini berhasil menembus pasar Jepang dan bisa diunduh oleh para pengguna iPhone di iTunes negara tersebut. Selain itu, juga dikembangkan menjadi film animasinya.

Untuk bisa menembus pasar Jepang, tiga studio yang sama-sama berasal dari Surabaya menggandeng Deluizon yang merupakan salah satu software developer yang berbasis di Tokyo, Jepang.

Tugas dari Deluizon ini bukan sekedar mentranslasikan komik ini dari bahasa Indonesia ke bahasa Jepang, tetapi juga melakukan pengaturan ulang tata letak komik untuk menyesuaikan dengan cara membaca komik atau manga di Jepang.

Setelah proses translasi dan tata letak ini selesai, masih dibutuhkan waktu satu bulan untuk melewati quality control dari pihak iTunes Store Jepang.

“Komik ini mengajak pembaca mengikuti petualangan seru Naradja di Bumi Varadwipa, yakni era 1000 tahun setelah kisah Ramayana,” papar A.R Wirawan, pendiri Mechanimotion Entertainment dalam pernyataan resminya.

The Adventures of Wanara sendiri bercerita mengenai Naradja, bocah dari keturunan 3 ras, yaitu mannusa (Rama), asura (Rahwana), dan wanara (Hanoman). Kisah ini berputar mengenai usahanya untuk mencegah kebangkitan raja iblis dari dalam dirinya dengan mengumpulkan 8 elemen dewa atau Hastabrata.

Karena Garuda Riders adalah komik interaktif, maka pembaca bisa berinteraksi dengan halaman-halaman komik tersebut sembari membaca kisah yang ada di dalamnya.

Banyak mini game yang disediakan dalam komik ini, seperti mini game QTE (Quick Time Event) saat kamu harus menghindari keris Uloseni dengan menyapukan jari di layar smartphone atau tablet ke kiri dan ke kanan atau  mencari hint-hint tersembunyi untuk melanjutkan membaca halaman selanjutnya, seperti harus menyentuh kalung yang bercahaya.

Selain itu, komik ini juga sangat kental dengan budaya Bali mulai dari concept art hingga musiknya, karena berdasarkan riset yang telah dilakukan, masyarakat Jepang kabarnya sangat menyukai Bali.

Dibuat Animasinya

Setelah berhasil menembus pasar Jepang dengan cara mengunduh di gadget iPhone dan iTunes. Komik Garuda Riders  juga akan dikembangkan menjadi sebuah film animasi.

Situs resmi Garuda Riders, Rabu (6/2), menyebutkan bahwa komik ini semakin kental aroma Jepang menyusul disuguhkannya salah satu karakter Vocaloid, Hatsune Miku, yakni sebuah produk perangkat lunak yang menghasilkan suara nyanyian wanita.

Karakter ini akan menyanyikan salah satu soundtrack film animasi berjudul sama dengan komiknya, yang akan dirilis April mendatang.

Karakter ini akan menyanyikan lagu Venus di Ujung Jari. Lirik dan lagu ini sendiri diciptakan oleh Mohax 2000 dan diaransemen ulang menggunakan orkestra serta gamelan Bali oleh Jodi Handoyo.

“Lagu ini dipilih karena susuai dengan visualisasi kisah asmara antara Naradja, sang tokoh utama, dengan Laksmi,” ungkap A.R. Wirawan. “Lagu ini bisa didengarkan di internet.”

Selain menggunakan Hatsune Miku untuk kesuksesan film animasi ini, tim Garuda Riders juga menggandeng grup band Lunatic Tokyo yang sering menyanyikan lagu Japan Rock seperti Luna Sea.

Kia, vokalis Lunatic Tokyo akan menyanyikan lagu “Kepak Sayap Impian” yang akan menghiasi opening film animasi yang dibuat berkat hasil kerja sama Mechanimotion Entertainment dan Elven Games dan Moon Eclipse ini.

Lagu bertempo cepat ini rencananya akan dinyanyikan dalam tiga bahasa sekaligus, yaitu Bahasa Indonesia, Inggris dan juga Jepang.

Sumber: duniaku.net, cekricek.co.id

4 Komentar leave one →
  1. imut permalink
    Februari 8, 2013 11:35 pm

    Keren……………….
    Aku makin bangga jadi Indonesia..

  2. Mei 2, 2014 11:35 pm

    filmnya animasi garuda riders keren banget lah. Sudah layak tembus pasar dunia

  3. April 16, 2016 11:35 am

    episod 5 kaapan

Trackbacks

  1. Komik Anak Bangsa Tembus iTunes Jepang dan Dibuat Film Animasinya | KonnichiwaOnline

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: