Skip to content

Garuda Indonesia Terpilih Sebagai Maskapai Haji Terbaik 2012

Februari 16, 2013

garuda haji di indonesiaproud wordpress comSetelah meraih beberapa penghargaan di tahun 2012,  seperti The Best International Airline dari Roy Morgan Australia, Garuda Indonesia kembali meraih penghargaan The Best Airline dalam pelaksanaan penerbangan haji yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Arab Saudi (General Authority of Civil Aviation/GACA) dan King Abdul Aziz International Airport, Jeddah, atas kinerja Garuda Indonesia yang baik selama pelaksanaan penerbangan haji tahun 2012.

Penghargaan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal King Abdulaziz International Airport H.E. Abdulhameed H. Abalary kepada General Manager Garuda Indonesia Arab Saudi Fikdanel Taufik (14/2/13).

Penghargaan diberikan berdasarkan penilaian GACA terhadap tiga aspek, yaitu perencanaan penerbangan haji, operasional dan pelayanan, serta tingkat ketepatan penerbangan (On-Time Performance/OTP).

Garuda Indonesia dinilai memiliki OTP paling tepat waktu, baik dalam fase kedatangan (arrival) maupun keberangkatan (departure), serta terbaik dalam sistem/prosedur penanganan penumpang pada saat kedatangan maupun keberangkatan.

Selain itu, Garuda Indonesia juga dinilai memiliki perencanaan operasional yang baik karena dapat memanfaatkan utilisasi slot atau schedule penerbangan haji hingga 100 persen (maksimal), meskipun jamaah haji yang dilayani mencapai 295 kloter.

Sebelumnya, selama tiga tahun berturut-turut, pada pelaksanaan penerbangan haji 1430 H/ 2009 hingga 1432 H/ 2011 lalu, Garuda Indonesia juga memperoleh apresiasi dari GACA Arab Saudi untuk kategori Excellent Service and Cooperation.

Garuda juga memperoleh predikat Long Life Achievement untuk Sertifikasi ISO 9001-2008 untuk pelayanan haji selama 10 tahun berturut-turut, dan berdasarkan hasil riset kepuasan pelanggan (customer satisfaction) yang dilaksanakan oleh lembaga independen pada periode operasional haji 2012, Garuda Indonesia meraih persentase tingkat kepuasan pelanggan di atas 80 persen.

Garuda merupakan maskapai yang mengangkut jamaah haji dengan jumlah terbesar, yaitu sebanyak 112,473 orang yang tergabung dalam sekitar 295 kelompok terbang (kloter) dari 10 embarkasi.

Untuk mengoptimalkan layanannya, Garuda Indonesia mengoperasikan sebanyak 15 pesawat dalam pelaksanaan penerbangan haji, yang terdiri dari satu pesawat B 767-300 ER berkap asitas 325 seat, tiga pesawat B-747-400 kapasitas 455 seat, dan sebelas pesawat A330 dengan kapasitas 325 seat, 360 seat, dan 375 seat.

Pesawat-pesawat tersebut rata rata berusia muda dan bahkan ada pesawat yang diproduksi pada tahun 2010. Proses tender pesawat tersebut dilaksanakan secara terbuka dan transparan, dan diumumkan di media cetak nasional dan internasional.

Sepanjang musim haji tahun 1433 H/ 2012, Garuda Indonesia telah menyelesaikan penerbangan haji dengan tingkat ketepatan penerbangan (OTP) secara keseluruhan sebesar 85 persen. Hal ini berarti terjadi peningkatan ketepatan penerbangan dibandingkan pelaksanaan penerbangan haji tahun 2011, yaitu sebesar 83,3 persen .

Garuda Indonesia akan kembali melayani penerbangan haji untuk tahun 1434 H/ 2013. Phase I / Keberangkatan haji akan dilaksanakan mulai 10 September hingga 9 Oktober 2013 mendatang, sementara Phase II/ Kedatangan akan dilayani mulai 20 Oktober hingga 19 November 2013 mendatang.

Selain Garuda Indonesia, penghargaan tersebut juga diberikan kepada 4 maskapai terbaik lain yang melaksanakan penerbangan haji di King Abdulaziz International Airport (KAIA), yaitu Turkish Airline, Emirates Airline, Saudi Airline, dan Egypt Air.

Sumber: kompas.com

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: