Skip to content

Novel ‘Laskar Pelangi’ Jadi Best Seller Internasional

Februari 17, 2013

Andrea Hirata dg novel LP versi Turki di indonesiaproud wordpress comPenulis Andrea Hirata mengaku bangga bisa mengharumkan nama sastra Indonesia di dunia internasional lewat karyanya Laskar Pelangi “Ini buku Indonesia pertama yang tercetak sebagai international best seller,” kata Andrea sambil menunjukkan novel ‘Laskar Pelangi’ yang diterjemahkan dalam Bahasa Turki dengan judul Gokkusagi Askerleri.

Dengan bersemangat, Andrea menunjukkan kalimat ‘international best sellers‘ di sampul buku itu. “Ketika seorang penerbit mencantumkan label ini, dia mempertaruhkan integritasnya,” kata Andrea (11/2/13).

“Di luar negeri, ada aturannya kalau mau mencantumkan kata-kata ‘internasional best sellers’, kata pria yang suka bertopi itu.

laskar pelangi versi turki di indonesiaproud wordpress comSalah satu aturannya, kata Andrea, buku itu harus tersebar di minimal 50 negara di dunia. “Selain itu, buku itu juga harus menjadi best seller di minimal 80 persen dari negara-negara yang menjualnya,” kata pria asal Belitong itu.

Karya pertama Andrea, Laskar Pelangi, kini memang sudah diterjemahkan di berbagai negara. Penerbit Hanser-Berlin di Jerman menerbitkan buku yang terbit pada 2005 itu dengan judul Die Regenbogen Truppe.

Di Australia dan Selandia Baru buku yang sudah difilmkan itu berjudul The Rainbow Troops. Dan masih banyak nama Laskar Pelangi dalam berbagai bahasa asing lain.

Sampai saat ini buku Laskar Pelangi sudah diterbitkan di 33 negara di dunia, namun jumlah itu akan terus bertambah. “Pada 2013 ini akan ada 46 lagi negara yang menerbitkan Laskar Pelangi. Jadi tahun ini jumlahnya akan genap 79 negara,” kata Andrea.

Sumber: tempo.co

3 Komentar leave one →
  1. Februari 17, 2013 11:35 am

    Reblogged this on Insang Daily.

  2. Februari 25, 2013 11:35 am

    Tentralogi Laskar Pelangi Karya Pertama dan fenomenal dari Andrea Hirata….

  3. domtheoos permalink
    Maret 26, 2013 11:35 am

    Ga heran sih, memang bagus juga ini novelnya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: