Skip to content

SDN Dadapan 1 Sedan Raih Juara Safe School dari Plan International di Kamboja

April 3, 2013

plan international di indonesiaproud wordpress comKabar gembira datang dari dunia pendidikan Indonesia, khususnya dari Kabupaten Rembang, karena belum lama ini SD Negeri Dadapan 1 Sedan berhasil meraih predikat sebagai sekolah teraman dalam kompetisi sekolah aman yang diadakan Plan International.

Kemenangan SDN Dadapan 1 sebagai juara diumumkan pada 22 Maret 2013, bersamaan dengan Annual Review on Safe School di Siam Reap, Kamboja.

SD Negeri Dadapan 1 mengalahkan 11 sekolah lain dari 3 negara, yaitu China, Kamboja, dan Indonesia.

Sebagai juara pertama, SDN Dadapan 1 mendapat apresiasi berupa uang pembinaan sebesar US$ 1.500 atau sekitar Rp14 juta yang ditujukan untuk mengembangkan implementasi sekolah aman.

Menurut Manajer Plan Indonesia Program Unit Rembang, Endang Suprapti, kompetisi ini diadakan oleh Plan untuk menyosialisasikan dan memotivasi sekolah-sekolah di Asia untuk menerapkan konsep sekolah aman, termasuk di dalamnya aman dari bencana.

SDN 1 Dadapan, Sedan di indonesiaproud wordpress com. Endang menyebutkan, SDN Dadapan 1 dinilai mampu menerapkan 3 pilar sekolah aman, yaitu fasilitas, manajemen dan pendidikan pengurangan risiko bencana.

Selain itu juga didukung bagaimana inovasi sekolah mengelola semua unsur tersebut secara swadaya.

Plan unit Rembang mendorong penerapan sekolah aman di SDN Dadapan 1 mulai awal tahun lalu bekerja sama dengan lembaga peduli anak lainnya. Pihak sekolah kemudian membuat analisis risiko bencana untuk anak dan guru, diikuti mengadakan pelatihan pengurangan risiko bencana dan membentuk tim siaga bencana anak.

Ditambahkan, pihak sekolah mengembangkan sendiri konsep analisis risiko bencana tersebut dengan membuat akses bagi anak berkebutuhan khusus saat terjadi bencana. Kemudian mengintegrasikan materi pengurangan risiko bencana ke dalam pelajaran.

Sumber:  cbfmrembang.blogspot.com, mataairradio.net

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: