Skip to content

Siswa SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Raih Emas di RoboCup Singapore Open 2013

April 16, 2013

Siswa Indonesia kembali menorehkan prestasi di ajang internasional bidang robotika.

Kali ini Rafli Kusumawardhana, Agra Bima Yuda, Adna Mumtaza, dan Ahmad Savero dari SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo berhasil menyabet medali emas dalam kejuaraan RoboCup Singapore Open 2013 yang diselenggarakan di Singapura pada 4-6 April lalu.

Keempat siswa tersebut berhasil menyabet tahta tertinggi untuk kategori Robot Theater setelah bersaing dengan ratusan peserta yang berasal dari negara lain.

“Di Singapura, kami harus bertanding dengan 400 peserta lainnya dari negara Jepang, Singapura, dan China. Dalam kategori Robot Teater, kami menampilkan cerita tentang kelangkaan energi,” jelas Dhadhang, Anggota Komunitas Robot Indonesia.

Rafli dan tiga temannya tersebut adalah binaan Dhadhang, salah seorang penggiat robotika di Kota Surabaya. Dhadhang sendiri adalah bagian dari Komunitas Robot Indonesia yang bertugas menyeleksi para siswa untuk ikut dalam kejuaraan robot itu.

Di kompetisi ini tim Indonesia menampilkan aksi teatrikal robot mengenai kelangkaan energi dan diperankan 4 orang yang masing-masing berprofesi sebagai pengusaha, arsitek, karyawan dan mahasiswa.

Mereka kebingungan ketika listrik padam, padahal mereka amat membutuhkan listrik untuk menunjang pekerjaan mereka.

“Dari situ, kemudian timbul ide untuk mengatasi kelangkaan energi. Ide itu yakni memakai robot tenaga surya dan kincir angin. Dua instrumen tersebut kami gunakan sebagai sumber daya listrik,” jelas Rafli.

Robot teater memang masih tergolong baru di Indonesia. “Robot ini perpaduan seni dan teknologi. Robot yang digunakan di cabang robot ini tidak dibatasi jumlah, bentuk, serta cara pengendalinya,” kata Adiatmo Rahardi, Ketua Komunitas Robot Indonesia.

RoboCup Singapore Open 2013 digelar di Eleven Square oleh Singapore Polytechnic (SP) dan Science Centre Singapore (SCS).

Sekitar 100 tim dan 400 siswa bersaing dalam kategori berbeda: RoboCup Junior Soccer, Robo Rescue, Robo Dance, Robo Theater, dan Robo CoSpace.

Pemenang lokal akan mewakili Singapura untuk berpartisipasi dalam kejuaraan dunia RoboCup 2013, yang akan diselenggarakan di Eindhoven, Belanda pada 24 Juni-1 Juli 2013.

Indonesia sendiri di kejuaraan yang juga didukung Komite Nasional RoboCup Singapore ini cuma mengirim satu tim. “Alhamdulillah bisa meraih emas,” kata Adi.

Sumber: tabloidpcplus.com (11/4/2013), tempo.co (10/4/2013)

One Comment leave one →
  1. April 17, 2013 11:35 pm

    Reblogged this on Economystics Side and commented:
    Keep getting better my beloved Indonesia. Get well soon.. :)) :*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: