Skip to content

Aleta Baun dari NTT Raih Penghargaan Goldman Environmental Prize 2013

April 22, 2013

goldmanprize 2013 BAleta Baun atau yang lebih dikenal dengan “Mama Aleta” dari Nusa Tenggara Timur meraih penghargaan lingkungan hidup “Goldman Environmental Prize 2013” bersama 5 orang lainnya yang mewakili 6 kawasan benua di San Francisco Opera House, Amerika Serikat pada 15 April 2013.

“Perempuan yang berasal dari Desa Naususu, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT ini mendapat penghargaan atas upaya penyelamatan lingkungan, sosial, dan budaya masyarakat Mollo,” kata Dita Ramadhani, perwakilan Goldman Enviromental Prize 2013 di Indonesia.

Yayasan Lingkungan Hidup Goldman, katanya, mengumumkan nama enam penerima hadiah Lingkungan Hidup Goldman 2013 yang merupakan kelompok para pemimpin yang tanpa rasa takut melawan semua rintangan demi melindungi lingkungan hidup dan komunitas mereka.

Mama Aleta mendapat penghargaan atas upaya penyelamatan lingkungan, sosial, dan budaya masyarakat Mollo. Aleta menggerakkan massa yang dia lakukan sejak 1996 melawan dua perusahaan tambang yang menduduki bukit sakral untuk orang Mollo.

Perjuangan Aleta dan masyarakat Mollo selama 11 tahun membuahkan hasil pada 2007 dengan dihentikannya operasional tambang di daerah tersebut.

Dengan mengorganisasi ratusan warga desa setempat –untuk secara damai menduduki tempat-tempat penambangan marmer dalam suatu “protes sambil menenun”– Aleta Baun menghentikan perusakan tanah hutan yang sakral di Gunung Mutis, Pulau Timor.

Hadiah Lingkungan Hidup Goldman yang saat ini memasuki tahun ke-24, diberikan setiap tahun kepada para pahlawan lingkungan hidup yang masing-masing mewakili enam kawasan benua yang berpenghuni.

Dengan jumlah uang tunai US$150 ribu per orang, hadiah itu merupakan hadiah terbesar untuk aktivisme lingkungan hidup di tingkat akar rumput.

Menurut Dita, hadiah Lingkungan Hidup Goldman didirikan pada 1989 oleh tokoh-tokoh masyarakat dan dermawan Richard, serta Rhoda Goldman dari San Francisco. Para pemenang dipilih oleh suatu dewan juri internasional berdasarkan nominasi rahasia yang diserahkan oleh suatu jaringan kerja organisasi-organisasi dan orang-orang dalam bidang lingkungan hidup.

goldmanprize 2013 A

Selain Aleta Baun (Indonesia), penghargaan lain diberikan kepada Jonathan Deal (Afrika Selatan), Azzam Alwash (Irak), Rossano Ercolini (Italia), Kimberly Wasserman (AS), dan Nohra Padilla (Kolombia).

Sumber: metrotvnews.com, goldmanprize.org (15/4/2013)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: