Skip to content

Sarini: TKI yang Harumkan Nama Bangsa di Taiwan

Mei 2, 2013

sarini di indonesiaproud wordpress comSarini, seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Indramayu, Jawa Barat yang bekerja di Taiwan, nekat terjun ke sungai untuk menyelamatkan seorang nenek yang nyaris tenggelam.

Aksi heroiknya ini banyak mendapat sorotan dari media setempat. Sarini pun dielu-elukan sebagai pahlawan perempuan setempat, demikian diungkapkan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO).

Sarini sejak Maret 2013 mulai bekerja di Kecamatan Tian Chong, Kabupaten Chang Hua, untuk merawat seorang nenek, Tsai. Kisah ini bermula ketika Sarini mendorong kursi roda sang nenek jalan-jalan di taman pada 17 April lalu.

Saat melewati Pabao Yichuan, Tsai yang kerap mengeluh akan sakit yang dideritanya dan menyatakan ingin mengakhiri hidupnya, tiba tiba langsung melompat dari kursi roda dan tercebur ke sungai.

Tanpa ampun, sang nenek terseret arus deras. Melihat kejadian itu, Sarini yang tidak bisa berenang sama sekali, tanpa berpikir panjang, langsung melompat ke sungai untuk menyelamatkan nyawa sang nenek.

Sarini, yang mengalami cedera di tangan dan kaki akibat aksi beraninya itu, berhasil memeluk erat sang nenek. Keduanya sempat bergelut di dalam air selama 10 menit.

Dalam keadaan panik, Sarini menangis dan berteriak minta tolong sebelum warga dan tim penyelamat datang menolong. Mereka segera dilarikan ke Rumah Sakit Ren He, karena menelan banyak air sungai hingga keduanya masuk dalam perawatan intensif.

Tindakan heroik Sarini yang disiarkan oleh TV dan media cetak tersebar luas dan mendapat respons yang luar biasa dari masyarakat Taiwan.

Kepala Pekerjaan dan Pelatihan Komite Buruh Taiwan Lin San-gui, Wakil Camat Kabupaten Changhua Yang Zhang Zhong, dan Kepala Kantor Perwakilan Indonesia untuk Taipei Ahmad Syafri Nurmatias, pada 22 April berkunjung ke rumah sakit untuk menjenguk mereka.

Seperti keluarga sendiri

Lin Sangui dan Yang Zhang Zhong memuji dan menyatakan terkesan dengan perbuatan Sarini. Meskipun baru sebulan lebih bekerja di Taiwan, dia mencintai nenek itu seperti keluarganya sendiri.

sarini di indonesiaproud wordpress comLin dan Yang berharap Sarini cepat sembuh, selain itu mereka juga memberi Sarini hadiah dan penghargaan.

Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Jakarta, pada 23 April memberitahu kejadian ini kepada kakak Sarini di Indonesia, Karnesih, dan kakak iparnya, Nurdianto.

“Karnesih sangat bangga terhadap adiknya dan dia berharap Sarini bekerja di Taiwan dengan baik,” ungkap TETO.

Indonesia adalah sumber pekerja asing terbesar di Taiwan. Saat ini ada lebih dari 200 ribu pekerja Indonesia yang bekerja di Taiwan. Di negeri ini mereka mendapat perlindungan upah minimum setara dengan tenaga kerja lokal dan juga dapat memiliki asuransi kesehatan masyarakat Taiwan.

Sumber: viva.co.id (16/4/13)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: