Skip to content

Indonesia Juara Umum Kejuaraan Pencak Silat di Belgia

Mei 7, 2013

open belgium championship 2013 di indonesiaproud wordpress comTim Indonesia menjadi juara umum pada kejuaraan pencak silat Belgia Terbuka atau Belgium Open Pencak Silat Championship yang digelar di Schoten Sporthall Belgia pada 4-5 Mei 2013.

“Kita berhasil menjadi juara umum pada kejuaraan di Belgia tersebut dengan meraih 9 medali emas, 2 medali perak, dan 3 perunggu,” kata Indro Catur, Pelatih Pencak Silat Pelatnas asal Jawa Tengah

Kesembilan medali emas bagi tim Indonesia tersebut disumbangkan oleh Awaluddin (kelas A), Johan (kelas B), M Adrian (kelas C), Sapto Purnomo (kelas D), Nyoman Sapurtaman (kelas H), Bagaskoro (kelas I) untuk putra.

Kemudian untuk putri adalah Wenny Sasmita (kelas C), Wewey Wita (kelas C), dan Mariati (kelas E), sedangkan dua perak direbut Yulinar Tikasari (kelas A) dan Pipiet Kamela (kelas D putri).

Sedangkan tiga medali perunggu direbut oleh M Rizky Adi (kelas G putra), Afriansyah (kelas F putra), serta Indriya Milasari (kelas F putri).

“Kita menerjunkan 15 pesilat sehingga hanya satu pesilat yang tidak mendapatkan medali,” ujar Indro menegaskan.

Pada kejuaraan pencak silat Belgia Terbuka ini diikuti 11 negara yaitu Vietnam, Malaysia, Suriname, Prancis, Jerman, Belanda, Austria, Inggris, Swiss, Indonesia, dan tuan rumah Belgia.

Menurut Indro, selain mengasah mental bertanding para atlet, kejuaraan Belgia Open sekaligus dimanfaatkan untuk mencermati peta kekuatan beberapa tim calon lawan Indonesia pada SEA Games 2013 di Myanmar, yakni Malaysia dan Vietnam.

”Selama ini, tim silat Vietnam menjadi rival utama kami di arena SEA Games. Ternyata performa pesilat-pesilat kami masih berada di atas mereka. Meski demikian, anak-anak harus terus tetap berlatih keras karena proyeksi tim ini untuk menghadapi SEA Games, akhir tahun nanti,” ujar Indro.

Pemanasan pencak silat pernah dilakukan pada ”Warmly Invitation Pencak Silat in Myanmar”, 22-26 Maret lalu. Waktu itu, Indonesia meraih juara umum dengan 7 medali emas dan 3 perak. Namun negara-negara yang diundang hanya Indonesia, Malaysia, Thailand dan tuan rumah Myanmar.

Sumber: antaranews.com, suaramerdeka.com (6/5/13)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: