Skip to content

Tim Aerobic Gymnastics RI Raih Perunggu Pada Borovets Aerobic FIG World Cup 2013 di Bulgaria

Mei 24, 2013

Tim Aerobic Indonesia Juara ke 3 pada FIG World Cup 2013Tim Aerobic Gymnastics Indonesia berhasil menempati posisi ke-3 untuk kategori Grup pada Borovets Aerobic Federation International  Gymnastics (FIG) World Cup 2013 yang diselenggarakan di Borovets, Bulgaria pada 19 Mei lalu.

Tim yang terdiri dari Faizal Amirullah, Firdaus Hendry, Lodi Lontoh, Tyana Dewi, dan Sigit Prabowo Yudho sebelumnya harus bersaing dengan grup kuat, antara lain dari China, Ceko, dan Rumania.

FIG World Cup 2013 Borovets yang berlangsung pada 17-19 Mei 2013 mempertandingkan 5 kategori, yaitu single putra dan putri, trio, mix dan grup.  Tim aerobik Nasional Indonesia dipimpin oleh Jasperine Ramona Nanlettta dan Sugito Adi W yang juga bertindak sebagai Juri.  Selain tampil pada kategori grup, Tim Indonesia juga menurunkan atletnya pada kategori Trio, namun hanya kategori grup yang masuk babak final.

Tim Indonesia  yang diturunkan pada event tersebut juga merupakan tim nasional Aerobic Gymnastic yang  terdiri dari atlet-atlet pemenang PON 2012 di Riau. Tim ini sebelumnya mengikuti Kejuaran Azores World Cup Series di Portugal dan menduduki rangking 5 untuk kategori grup dan Trio.

Menurut salah satu juri Indonesia, Sugito Adi, secara desain kareografi dan eksekusi gerak, tim nasional Indonesia telah sejajar dengan tim-tim terbaik dunia lainnya.  Namun demikian, secara difficulty element dan general content Indonesia masih tertinggal.  Untuk  mengatasi kekurangan tersebut, tim dapat belajar dari negara-negara Eropa Timur, seperti Romania, Rusia, dan Bulgaria.

Kompetisi aerobik di Borovets ini diikuti sekitar 400 atlet dari 15 negara, yakni Austria,  Rumania, Turki, Slovakia,  Finlandia, Spanyol, Ceko,  Rusia, Bulgaria, Meksiko, Jepang, Indonesia, RRC, Thailand, dan Vietnam.

FIG World Cup di Borovets merupakan series kejuaraan Aerobic Gymnastics tingkat dunia  tahun 2013 bersama-sama dengan kejuaraan serupa yang diadakan di Le bain, Perancis (Maret); Suzuki World Cup Tokyo (April), dan di Azores Portugal (awal Mei).

Sumber: kemlu.go.id (20/5/13)

One Comment leave one →
  1. Mei 27, 2013 11:35 am

    Ikut Bangga Jika Indonesia Berprestasi.. Semakin Ditingkatkan,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: