Skip to content

La Via Campesina: Petani Indonesia Terbaik Dunia

Juni 13, 2013

la via campesina di indonesiaproud wordpress com

Sejumlah delegasi organisasi petani duna “La Via Campesina” menilai petani Indonesia merupakan salah satu kelompok masyarakat yang terbaik di dunia.

“Petani Indonesia sangat ulet bekerja, baik hati, petani Indonesia terbaik. Kami telah banyak belajar dan akan mempraktikkan di negara kami,” kata Cosmalulu dari Tanzania dalam sambutan pada kunjungan lapangan bersama ratusan anggota delegasi “La Via Campesina” di persawahan Kampung Lio, Dusun Ciseureuh, Desa Sirnajaya, Kecamatan Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada 13 Juni 2013.

Kunjungan itu diadakan dalam rangkaian Konferensi Internasional “La Via Campesina” ke-6 di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta pada 6-13 Juni 2013.

Pada forum bertema “Membangun Agroekologi untuk Kedaulatan Pangan” itu dipimpin oleh Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih yang telah dua periode (6 tahun) menjadi Koordinator “La Via Campesina”.

la via campesina di indonesiaproud wordpress com“La Via Campesina” merupakan lembaga swadaya masyarakat (NGO) internasional yang berdiri di Sao Paolo, Brasil pada 13 Juni 1993 dan beranggotakan berbagai organisasi petani dari 115 negara di dunia.

Selain konferensi petani internasional itu juga berlangsung Konferensi Pemuda Internasional “La Via Campesina” dan Sidang Majelis Petani Perempuan “La Via Campesina”.

Cosmabulu yang merupakan perempuan petani sangat kagum dengan semangat kerja petani, termasuk perempuan petani Indonesia. “Indonesia negara agraris yang sangat terkenal, persawahan pun bisa menjadi objek agrowisata,” katanya.

Sementara itu, Paul Nicholson dari Spanyol menyebutkan keuletan kerja petani Indonesia patur ditiru oleh petani di negara-negara lain. “Semangat kerjanya luar biasa ditambah dengan keramahtamahan yang merupakan kekayaan negeri ini,” katanya.

Ia menyatakan petani Indonesia sangat cocok dengan semangat “La Via Campesina” yang berarti “Jalan Petani” yang mengutamakan semangat kerja, ketekunan, dan kesabaran untuk mendapatkan hasil.

“Kemajuan negara sangat ditentukan dengan kemajuan petaninya,” katanya saat diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan.

Sumber: antaranews.com (13/6/13)

One Comment leave one →
  1. sutrablue permalink
    Juni 13, 2013 11:35 am

    Masyarakat desa yg masih kental desanya biasanya memang masih ada Semangat Gotong Royong dan Pasedulurannya itulah yg membuat mereka ulet dan tangguh (ingat bersatu kita teguh), beda dengan orang kota yg mayoritas menganut hukum rimba, siapa yg kuat (dalam konotasi orang berduit) dialah yg menang.
    Masyarakat desa memang kurang berilmu tapi mereka lebih berakal daripada orang kota. Itulah sebabnya pula saya sangat kagum dengan masyarakat desa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: