Skip to content

UNESCO Tetapkan Babad Diponegoro Jadi Memory of The World

Juni 21, 2013

Unesco memory of the world di indonesiaproud wordpress com

https://indonesiaproud.files.wordpress.com/2011/01/babad-dipanegara-indonesiaproud.jpg?w=600Babad Diponegoro akhirnya ditetapkan sebagai salah satu warisan ingatan dunia atau memory of the world register in 2013  oleh UNESCO. Babad Diponegoro jadi ingatan dunia setelah didaftarkan oleh Perpustakaan Nasional dan Lembaga Bahasa Kerajaan Belanda.

Dikutip dari situs UNESCO (21/6), Babad Diponegoro tersebut ditulis sendiri oleh Raden Mas Ontowiryo yang kelak bergelar Pangeran Diponegoro saat diasingkan di Sulawesi Utara (Sulawesi) pada 1831-1832.

“Ini adalah catatan pribadi seorang tokoh kunci dalam sejarah Indonesia modern. Hal ini juga otobiografi pertama dalam sastra Jawa modern dan menunjukkan sensitivitas yang tidak biasa dengan kondisi lokal dan pengalaman,” tulis UNESCO dalam situsnya.


Naskah Babad Diponegoro yang ditulis dalam bahasa Jawa saat ini masih tersimpan di Perpustakaan Nasional sedangkan naskah yang berbahasa Arab berada di Belanda.

babad diponegoro di indonesiaproud wordpress com
Diponegoro atau dikenal Pangeran Diponegoro lahir di Yogyakarta pada 11 November 1785 dan meninggal di Makassar, Sulawesi Selatan pada 8 Januari 1855. Diponegoro adalah putra sulung Hamengkubuwono III, seorang raja Mataram di Yogyakarta. Pangeran Diponegoro, yang bernama kecil Raden Mas Ontowiryo, adalah pejuang yang melawan Belanda dan mengobarkan perang besar.

Perang Diponegoro (1825-1830) bahkan disebut sebagai perang yang membawa kerugian terbesar bagi Kolonial Belada selama menjajah Hindia Belanda. Diponegoro adalah salah seorang pahlawan nasional Republik Indonesia.

Sumber: merdeka.com (21/6/13)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: