Skip to content

Indonesia Juara Umum Karate 1 Premier League

Juni 25, 2013

karate premiere league di indonesiaproud wordpress com

Indonesia akhirnya keluar sebagai juara umum dalam Kejuaraan Karate 1 Premier League 2013 yang berlansung pada 22-23 Juni 2013 di Jakarta dengan menjadi pengumpul medali terbanyak, yakni 4 emas, 4 perak, dan 7 perunggu.

Tempat kedua diisi oleh Malaysia dengan perolehan 3 emas, 3 perak, dan 5 perunggu. Sedangkan posisi tiga ditempati Venezuela yang mendapatkan 2 emas dan 4 perunggu.

“Tahun lalu Indonesia hanya dapat satu emas. Idealnya tahun ini bertambah,” ucap Hendardji Soepandji, Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki), 23 Juni 2013.

Indonesia Raih Juara Umum di Karate-1 Premiere LeagueEmas Indonesia diperoleh dari kata tunggal putra atas nama Faizal Zainuddin, kumite putra kelas -60 kilogram dari Imam Tauhid Ragananda, kumite putra kelas -84 Kg dari Hendro Salim, dan tim kata putri, Eva Fitria, Ayu Rahmawati, dan Siti Maryam.

Empat perak datang dari kumite putri kelas -50 Kg Srunita Sari Sukatendel, kumite putri kelas +68 Kg Wiwi Pertiwi, kumite putri kelas -61 Kg Intan Nurjanah dan kata beregu putra, yaitu Giovanni Indra, Irvan Ramadhan, dan Sandi Wirawan

Sedangkan 7 perunggu Indonesia disumbangkan dari kata tunggal putra Putu Yoga Yudistira, kumite putri kelas -55 Kg Nurhadiyanti Fitrianingsih, kumite putrid kelas -61 Kg Cok Istri Agung Sanistyarani, kumite putra kelas +84 Kg Caesar George, dan kata putra beregu, Aswar, Faizal Zainuddin, dan Fidelys Lolobua. Dua perunggu terakhir disumbangkan dari kata beregu putri, Dewi Prasetya, Maria Ulfah, Prima Jeihan kemudian Triwulan Mei, Sulhadra, Ririn Krisnasari.

Kendati jauh melampaui perolehan medali tahun lalu, Hendardji enggan berpuas diri. Menurut dia, masih ada hal-hal lain yang perlu dibenahi terutama pada aspek strategi dan stamina karateka Indonesia. Hendardji mengaku sudah memiliki resepnya. “Kami akan tambah jam terbang atlet dengan mengikuti kejuaraan berikutnya di Eropa dan Asia,” katanya.

Hendardji menambahkan, ajang Premier League ini menjadi kesempatan bagi Forki untuk menentukan tim utama yang akan dikirim ke SEA Games Myanmar, Desember ini. Ia menyebutkan pada awal Juli seleksi Pelatnas karate akan mencapai final. “Mereka yang dapat emas di Premier League ini sudah pasti masuk tim inti ke SEA Games.”

Karateka peraih medali emas, Imam Tauhid, mengaku senang bisa menambah pundi-pundi emas Indonesia. “Ini emas pertama saya di Premier League,” ucap karateka kelahiran Salatiga. Di laga final Imam mengalahkan karateka Malaysia, Rajakumar Govinash dengan skor telak 8-0.

Imam menjelaskan kemenangan dirinya tak lepas dari masukan pelatih yang memintanya untuk menekan lawan melalui serangan jarak pendek. Kebanyakan poin Imam berasal dari pukulan-pukulannya. “Pelatih juga berpesan agar jangan tergesa-gesa menyerang,” ucapnya.

Sumber: tempo.co (24/6/13)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: