Skip to content

Tim Eco Garden Club Dari Sumbawa Raih Juara Volvo Adventure 2013 di Swedia

Juni 25, 2013

tim eco garden di indonesiaproud wordpress com
Tim Eco Garden Club yang beranggotakan anak-anak remaja Sumbawa berhasil menyisihkan pesaing berat dari tim Amerika dan Inggris dan meraih juara I di ajang kompetisi lingkungan hidup tingkat internasional tahunan Volvo Adventure 2013 yang dihelat Volvo International di Swedia pada 14-19 Juni lalu.

Tim “Anak Kampung” dari Sumbawa ini  menang setelah berhasil merealisasikan kebun organik sebagai solusi ketahanan pangan dan konservasi terumbu karang. Tim Eco Garden Club diketuai oleh I Putu Wahyu Sanjaya dan beranggotakan Khatimah, Dias Evayanti, Kurniawan Eka Putra, dan Andita Risa Wilujeng.

Di babak penyisihan mereka sukses menyisihkan 400 peserta lainnya dari berbagai negara, dan di babak final tim Eco Garden Club berhasil unggul dari tim Amerika Serikat, Inggris, Fiji, Bulgaria, Turki, Peru,  serta India. Dari kemenangan ini, mereka berhasil memenangkan hadiah utama berupa uang tunai US$10.000.

Didirikan sejak setahun yang lalu, Eco Garden Club merupakan bagian dari Penjaga Pulau Community, komunitas yang berdiri sejak 2009 beranggotakan generasi muda Sumbawa yang peduli terhadap kelestarian lingkungan terutama terumbu karang.

Didasari keinginan menciptakan persediaan makanan untuk para keluarga nelayan di saat cuaca sedang buruk yang membuat nelayan tak dapat melaut untuk menafkahi keluarganya, Eco Garden Club mencoba mensosialisasikan pentingnya membuat kebun (Eco Garden) di wilayah kampung nelayan tepatnya di Kampung Pasir, Sumbawa Besar.

Melalui kegiatan ini, mereka juga membantu kegiatan pelestarian lingkungan laut dengan mengurangi laju sampah yang dibuang ke laut dengan menggunakan sampah-sampah organik menjadi pupuk kompos dan pestisida sementara sampah anorganik disulap menjadi media tempat menanam dan pembibitan.

“Bagi Indonesia kemenangan ini membuktikan bahwa Indonesia sangat perduli terhadap pelestarian lingkungan. Siswa dan siswi dari Sumbawa telah memberi kontribusi pelestarian di lingkungan sekitarnya,” ujar Paulus B. Suranto, CEO PT Indobuana Autoraya selaku ATPM  Volvo di Indonesia.

Sumber: bisnis.com (24/6/13)

One Comment leave one →
  1. Agustus 28, 2013 11:35 am

    Selamat Buat teman-teman atas keberhasilannya. semoga menjadi inspirasi bagi teman-teman yang lain untuk berkarya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: