Skip to content

Konser Angklung Kedubes RI di Beijing Pecahkan Rekor Dunia

Juli 4, 2013

https://sphotos-a.xx.fbcdn.net/hphotos-frc1/p480x480/1005957_10152993894150241_585089090_n.jpg

Rekor konser angklung dengan jumlah pemain terbanyak, yaitu 5.393 orang, berhasil dipecahkan Kedutaan Besar RI di Beijing bersama Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Tiongkok (PPIT) di Stadion Buruh Beijing, Cina, pada 30 Juni 2013. Jumlah itu lebih banyak dari rekor serupa yang sebelumnya di Washington DC, AS  pada 9 Juli 2011 dengan peserta 5.182 orang.

Pencatatan rekor konser angklung dengan pemain terbanyak di Beijing itu dimasukkan dalam “Guiness Book of Record”, melalui pengecekan oleh 12 pengecek dari panitia, satu pengecek independen dan satu orang juri. Pengumuman pemecahan rekor itu dilakukan oleh juri “Guiness Book of Record” Charles Watson.

Orkestra angklung tersebut dipimpin Daeng Udjo dengan memainkan beberapa lagu seperti “Manuk Dadali”, lagu berbahasa Mandarin “Yueliang Daibiao Wo De Xin” dan lagu “We Are The World”.

Para pemain orkestra angklung tersebut berasal dari para pelajar, wakil sejumlah perusahaan Cina seperti ZTE, para peserta didik Universitas Pertahanan Cina dan warga Tionghoa-Indonesia yang sempat lari dari Indonesia dan menetap di Cina hingga kini serta komponen masyarakat lain.

Dalam konser angklung itu ditampilkan film sejarah angklung, dan ucapan “I Love Angklung” dalam sepuluh bahasa berbeda di layar LED di lokasi konser. Ditampilkan pula angklung digital, Angklung Tradigi dari Restoran “Made in Indonesia – Sansico”.

Sejumlah wakil negara sahabat dan organisasi internasional di Beijing juga turut hadir dalam acara pemecahan rekor tersebut.

Sumber: republika.co.id (1/7/13)

3 Komentar leave one →
  1. Juli 4, 2013 11:35 pm

    Satu dari sekian banyak alat musik nusantara yg masih tersisa. Jgn sampai yg satu ini pun ikut lenyap tergerus oleh zaman.

  2. kamikaze permalink
    Juli 15, 2013 11:35 pm

    safe angklung… jgn sampe diklaim negara jiran yg baik hati dan ramah itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: