Skip to content

Solite Studio: Dengan Game “Hamster” Raih Juara Microsoft Imagine Cup di Rusia

Juli 15, 2013
 Solite Studio di indonesiaproud wordpress com

Tim Solite Studio bersama mentor dari Nokia Indonesia, Narenda Wicaksono, pada acara Awarding Night Imagine Cup 2013 di Rusia.

Tim dari Universitas Trunojoyo Madura, Solite Studio, melalui permainan “Save the Hamster” yang memadukan aspek edukasi matematika dengan hiburan, berhasil meraih peringkat kedua dalam kategori game di Final kompetisi Microsoft Imagine Cup ke-11 yang usai digelar di Alexandrinsky Theater, St. Petersburg, Rusia pada 11 Juli 2013.

Tim yang terdiri dari Asadullohil Ghalib Kubat (Team Leader), Miftah Alfian Syah (Programmer), Tony Wijaya (Graphic Designer) dan Mukhammad Bagus Muslim (Game Designer) ini pun diganjar hadiah sebesar 10.000 dollar AS.

“Kemenangan ini mengejutkan. Tapi kami sebenarnya sudah optimistis tidak pulang dengan tangan hampa,” ujar Asadullohil.

Sebelumnya, Solite Studio lebih dulu menjadi juara nasional setelah menyisihkan delapan kandidat lain dalam acara penjurian final Imagine Cup 2013 tingkat Indonesia di Jakarta, 12 April lalu.

Imagine Cup sendiri adalah kompetisi tahunan dari Microsoft yang mengajak para mahasiswa dan pelajar menciptakan sebuah karya teknologi yang dapat mengatasi suatu permasalahan tertentu dan bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Tahun ini, Imagine Cup mempertandingkan karya-karya dalam tiga kategori utama, yaitu Inovasi, Game, dan Kewarganegaraan Dunia. Sebanyak 87 pelajar dan mahasiswa dari 71 negara ikut serta dalam babak penjurian sejak 8 Juli yang diadakan di St Petersburg, Rusia.

Salah satu juri yang dilibatkan dalam pemilihan pemenang dalam final Imagine Cup 2013 adalah Alexey Pajitnov, sang pencipta game Tetris.

Belajar Matematika dengan si ‘Hamster’

save the hamsters di indonesiaproud wordpress comSeperti apa game Save The Hamster? Pada dasarnya, game di platform Windows Phone ini akan mengajak pemain belajar Matematika dengan cara mengasyikkan.

Dalam permainan, dikisahkan ada empat ekor hamster yang tersesat. Nah, tugas pemain adalah membantu mereka pulang ke rumahnya. Ada dua mode game mode, original dan adventure.

Di mode original, pemain harus menghancurkan boks, tali dan beberapa objek lainnya yang menghalangi hamster menuju rumahnya. Selain itu, setiap hamster memiliki angka pada tubuhnya dan pemain harus menempatkan hamster pada tempatnya sesuai dengan simbol Matematika yang ada di tanah.

Pada mode adventure, pemain harus menghindari musuh dan mengambil kunci berisi angka yang tepat, sesuai dengan kombinasi angka yang terdapat pada layar.

Hal unik dari Save The Hamster, pemain dapat menyusun kotak, tali, hamster dan objek-objek lainnya kemudian menjalankannya serta menyimpannya menjadi sebuah level baru.

Sumber: tekno.kompas.com (12/7/13), inet.detik.com (13/4/13), koran-sindo.com (16/7/13)

One Comment leave one →
  1. kamikaze permalink
    Juli 15, 2013 11:35 pm

    wow selamat indonesia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: