Skip to content

6 Usaha Kuliner Indonesia Raih World Street Food Award 2013 di Singapura

Agustus 2, 2013

WSFC 2013 di indonesiaproud wordpress comEnam usaha kuliner Indonesia berhasil menang di World Street Food Congress (WSFC) yang diselenggarakan untuk pertama kalinya pada 31 Mei-9 Juni 2013 di Singapura.

Dari 10 kategori, Indonesia berhasil memenangkan 3 diantaranya. Iwan Tjandra, direktur Eat and Eat Food Court, menjadi satu dari dua pemenang kategori Street Food Entrepreneur of the Year.

Ia dinilai memiliki pemahaman yang meyakinkan dan jelas tentang potensi dan nuansa budaya street food (makanan kaki lima). Iwan juga dianggap menghasilkan atau memanfaatkan peluang dan ide-ide terobosan di bidang tersebut.

Usaha kuliner yang dirintis Iwan juga tercantum sebagai salah satu dari tiga nama pemenang kategori Best Street Food Eatery Concept. Eat and Eat Gandaria City dipandang sebagai dapur dan tempat makan ‘berpikir’ yang mengekspresikan budaya street food dalam latar yang inovatif, segar, dan merangsang pemikiran namun tetap berpegang teguh pada warisan budaya.

Empat nama lainnya ada di kategori Street Food Masters of the Year (Top 20). Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli Jakarta dan Sate Ayam Barokah Haji Basiri Jakarta berada di posisi satu dan enam. Sementara itu, dari luar Jakarta ada Nasi Campur Ayam Kampung Khas Bali Made Weti di peringkat 11.

Rumah Makan Nasi Kapau di Sumatera Barat juga sukses masuk urutan ke-16. Bahkan, chef internasional Anthony Bourdain memuji rendang di rumah makan tersebut. “Ini rendang terbaik yang pernah saya coba seumur hidup saya,” katanya,

Untuk bisa terpilih dalam Street Food Masters of the Year (Top 20), ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Selain kualitas dan rasa makanan, sumber bahan baku, pengolahan makanan, higienitas, adaptasi, konsistensi, serta kepercayaan diri juga dinilai.

Selain itu, kemampuan sang pengusaha menginspirasi dan menciptakan pekerjaan, reputasi, serta memberikan kesempatan kerja pada mereka yang kurang beruntung juga masuk penilaian.

Seluruh pemenang mendapatkan sertifikat WSFC, tanpa uang tunai maupun piala. Penyerahan WSFC Award untuk pemenang dari Indonesia diselenggarakan pada 30 Juli 2013 di Eat and Eat Gandaria City, Jakarta.

Selain tiga kategori tersebut, adapula kategori Best Street Food City, Best Street Food Hawker Centres/Hawker Streets, Best Street Social Enterprise Food Association/Group, Street Food Blogger/Writer, dan Best Street Food Cafe. Dua kategori lain, yakni Best Street Food Guide/Magazine dan Street Food Product Manufacturer of the Year belum ada juaranya tahun ini.

WSFC adalah gagasan KF Seetoh, pendiri Makansutra yang juga menyelenggarakan acara ini. WSFC dilaksanakan selama 10 hari dan terdiri dari World Street Food Jamboree, World Street Food Dialogues, dan World Street Food Awards. Acara ini didukung oleh World Street Food Council.

Sumber: food.detik.com (25/7/13)

One Comment leave one →
  1. Agustus 2, 2013 11:35 am

    jooosss šŸ˜€ ,,,, enak tu makanannya hahah šŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: