Skip to content

Ayam Cemani, Ayam Termahal di Dunia

Agustus 29, 2013

ayam cemani di indonesiaproud wordpress com

Berapa harga yang akan anda bayar untuk seekor ayam? Banyak pasar yang menjual unggas-unggas eksotis termasuk ayam di berbagai negara. Unggas hidup rata-rata dijual mulai dari US$ 50 per ekor hingga ribuan dolar Amerika Serikat (AS) untuk setiap pasangnya. Namun maukah Anda merogoh kocek hingga US$ 5 ribu (Rp 51,6 juta) untuk memperoleh setiap pasangnya.

Seperti dilansir dari Phoenix New Times, (14/8/2013), ayam termahal di dunia tersebut ternyata berasal dari Indonesia, yaitu Ayam Cemani. Untuk satu ekornya hewan unggas ini, pembeli harus merogoh uang hingga US$ 2.500 per ekor (Rp 25,8 juta). Karena mahal dan langka, ayam cemani disebut ayam “Lamborghini.” di Daily Ticker.

Dana Cowin, editor-in-chief of Food & Wine, bertanya-tanya mengapa ayam ini begitu mahal. “Jujur saja, Ini adalah ayam yang semuanya hitam,” ujarnya. “Jadi sangat elok dan bernilai tinggi. Bulunya hitam. Anggota tubuhnya hitam. Dagingnya hitam. Jadi amat spesial, Ini adalah ayam yang langka.”

Paul Bradshaw dari Greenfire Farms Florida, mengatakan mahalnya harga ayam ini disebabkan faktor langka dan sulit untuk berkembang biak. Greenfire sendiri akan menjadi peternak ayam cemani pertama di AS, meskipun jenis ayam tersebut masih belum tersedia hingga musim semi 2014 mendatang.

Banyak orang yang setuju jika ayam tersebut memiliki unsur estetika yang tidak dimiliki unggas lainnya. Ayam cemani memiliki warna hitam pekat di tubuhnya. Bukan hanya bagian luarnya, bulu, otot, tulang dan organ-organ tubuh di dalamnya juga berwarna hitam.

“Ayam ini sangat cantik, seperti memandangi benda hitam saja,” tutur Bradshaw.

Tak hanya itu, unggas ini telah dikenal bernilai tinggi karena diyakini memiliki kekuatan magis. Kecantikannya tercermin dari warna hitam yang berkilau dan mengkilat di seluruh tubuhnya. Hal ini membuat harga ayam cemani melambung tinggi.

Cemani sendiri berasal dari bahasa Jawa/Sansekerta yang berarti ‘hitam pekat’. Ayam asal Jawa Tengah ini pernah diekspor ke Eropa pada 1998 dan dikaitkan dengan Black Chicken Swedia.

Sumber: bisnis.liputan6.com (15/8/2013)

3 Komentar leave one →
  1. September 6, 2013 11:35 pm

    Cemani is very beautiful and lamborghini Chicken World.

  2. Oktober 15, 2013 11:35 am

    gmn dgn ayam ketawa dari Sidrap ?

  3. Arie permalink
    November 4, 2013 11:35 am

    bole tau alamat peternak ayam cemani ini gak ya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: