Skip to content

Tim Kesenian DKI Jakarta Raih Juara Umum Kedua di World Folk 2013, Bulgaria

September 4, 2013

tim kesenian dki di bulgaria in indonesiaproud wordpress com

Tim Kesenian DKI Jakarta berhasil meraih juara umum kedua dan berhak menerima Trophy Silver Orpheus pada acara penutupan dan pembagian award The 3rd Edition of World Championship of Folklore “World Folk 2013,” yang berlangsung di Amphitheater modern “Arena”  St. Vlas Burgas, Bulgaria pada 31 Agustus 2013 malam,

Tim DKI juga berhasil membawa pulang 6 piagam penghargaan lainnya, yaitu 2 piagam Gold Folklore Ensemble, 1 Piagam Honorable Presentation, 1 Piagam Laurete, 1 Piagam Discovery Performance, dan 1 Piagam Nomination for Golden Orpheus.

World Folk 2013 yang diselenggarakan pada 28-31 Agustus 2013 ini diikuti oleh 24 negara, antara lain Armenia, Bulgaria, Georgia, Indonesia, Malaysia, Mongolia, Turki dan Rusia. Tim kesenian Mongolia meraih juara umum pertama pada kompetisi tahun ini.

Tim kesenian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari 27 penari dan musisi musik tradisional tersebut dipimpin oleh Ahmad Gozali, Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI dan didampingi oleh Hj. Marie Amadea Ismayani dari Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta sebagai penasihat.

Para penari dan pemusik tersebut merupakan wakil dari berbagai sanggar seni DKI yang dibina oleh Disparbud Pemprov DKI Jakarta. Pada kompetisi Internasional ini, tim kesenian DKI membawakan 4 tarian, yaitu Tari Nindak Nandak dari Betawi, Tari Beudeuh dari Sumatera, Tari Nopengnyok dari Betawi dan Tari Rampai dari Aceh.

Antusiasme dan apresiasi penonton yang memenuhi amphitheater terlihat dalam setiap penampilan tim kesenian DKI. Seperti biasanya, pakaian khas yang dikenakan para penari selalu menjadi daya tarik tersendiri para penonton yang membuat mereka banyak diminta untuk berfoto bersama.

Selain di kota St. Vlas, penyelenggaraan World Folklore ini diadakan di kota Nessebar, dan Pomorie yang berada di wilayah Propinsi Burgas. Ketiga kota yang terletak di tepi  laut Hitam tersebut merupakan  kota tujuan wisata musim panas di Bulgaria bagi turis domestik dan turis dari negara Eropa lainnya.

Tim kesenian DKI Jakarta merupakan tim kesenian dari Indonesia kelima yang berpartisipasi pada event International Folklore di beberapa kota besar Bulgaria yang diadakan selama liburan musim panas tahun 2013.

Kehadiran tim-tim kesenian pada event-event tersebut telah menambah pengetahuan masyarakat Bulgaria akan masyarakat multikultur Indonesia, bukan hanya Bali sebagaimana yang banyak dikenal masyarakat Bulgaria selama ini.

Sumber: kemlu.go.id (3/9/2013)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: