Skip to content

Sutradara Yosep Anggi Noen Menang di Asian Cinema Fund, Korea Selatan

September 5, 2013

Yosep Anggi Noen KR di indonesiaproud wordpress comFilm panjang berjudul Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya karya sutradara Yosep Anggi Noen yang tayang perdana di festival film Locarno, Italia pada Agustus 2012 sukses menuai pujian dari berbagai kalangan di dalam dan luar negeri.

Selain itu, ada kabar gembira bahwa sutradara asal Yogyakarta ini telah tercatat sebagai salah satu pemenang Asian Cinema Fund asuhan Festival Film Busan, Korea Selatan pada kategori Script Development Fund untuk proyek film berjudul The Science of Fictions.

Asian Cinema Fund berkomitmen untuk membantu mengaktifkan lebih banyak produksi film independen dari benua Asia dan mendirikan sebuah lingkungan produksi yang stabil. Gerakan ini juga membantu film dan dokumenter Asia untuk menetapkan identitas serta memposisikan diri mereka sebagai bagian penting dari industri film dunia.

Proyek film The Science of Fictions adalah 1 dari 27 film yang ditetapkan sebagai pemenang pada 3 kategori berbeda, yaitu Script Development Fund, Post-Production Fund dan Asian Network of Documentary Fund. Proses seleksi pemenangnya sendiri diakui dewan juri sangat berat karena total peserta yang mencapai 438 proyek film.

“Angka pendaftar terus naik setiap tahunnya dan merupakan keputusan sulit untuk menetapkan pilihan final kami. Pihak Asian Cinema Fund ingin menyemangati begitu banyak proyek berharga yang tidak tercantum sebagai salah satu pilihan final, dan sekaligus mengucapkan selamat kepada proyek terpilih pada kompetisi ketat ini,” ujar perwakilan Asian Cinema Fund seperti tercantum pada situs resmi mereka.

Untuk kategori Script Development Fund, proyek film The Science of Fictions milik Yosep Anggi Noen menjadi pemenang bersama Peace Haven karya Suman Ghosh (India), The Blackboard Princess kepunyaan Racquel Zaballero-Sanchez (Filipina), dan The Day I Lost My Shadow dari Soudade Kaadan (Suriah).

Ada pula tiga film Korea Selatan yang menjadi pemenang pada kategori ini, yaitu The Perfect Stranger karya Goh Taejeong, The Internship milik Kim Geon dan Your Family kepunyaan Shim Hyun-Seok.

Sumber: rollingstone.co.id (4/9/2013)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: