Skip to content

Mark Widjaya: Perancang LCGC Daihatsu Ayla & Toyota Agya

September 14, 2013

mark wijaya di indonesiaproud wordpress comSetelah menunggu lebih dari setahun, akhirnya pada 9 September 2013, dua mobil murah ramah lingkungan (low cost green car disingkat LCGC), yakni Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang merupakan hasil rancangan putra Indonesia akan diluncurkan di dua tempat berbeda di Jakarta. Daihatsu Ayla digelar di Hotel Indonesia Kempinski dan Toyota Agya di Plaza Timur Gelora Bung Karno Senayan. Dua mobil itu diperkirakan akan diserbu pasar karena harga jualnya di bawah Rp 100 juta per unit.

Namun, ada yang menarik dari peluncuran mobil LCGC itu. Mobil itu ternyata hasil karya rancangan putra Indonesia. Mark Widjaja, pria asal Surabaya inilah yang merancang Ayla dan Agya. Senior Styling Designer PT Astra Daihatsu Motor (ADM) itu berhasil memenangkan kompetisi desain mobil itu di Jepang beberapa tahun lalu. Mark yang menggarap rancangannya selama tiga tahun itu bisa mengalahkan para perancang dari Italia, Prancis, dan Jepang.

Awalnya, saking sibuk dengan sejumlah pameran di beberapa negara, ia dan timnya sempat ragu bisa mengikuti kompetisi rancangan mobil kolaborasi itu. Namun, ia beserta timnya tetap semangat dengan memulai gambar dasar dan hasilnya didiskusikan bersama timnya di styling design. Ternyata, hasil rancangan mereka itulah yang memenangkan kompetisi di Jepang.

Sejak awal ia sudah memikirkan rancangan timnya untuk mobil yang sesuai dengan masyarakat Indonesia. Untuk mobil kompak, orang Indonesia suka yang bentuknya sporty, tapi juga lega dan bisa memuat banyak penumpang dengan harga terjangkau. Padahal, kata dia, mobil sporty itu jarang yang lega.

Mark Widjaja di Indonesiaproud wordpress com.

Widjaja (kedua dari kiri) saat berdikusi LCGC

“Makanya kami rancang dengan berbagai cara sehingga mobil ini lapang. Semua hal inilah yang kami bahas terus hingga akhirnya tercipta mobil yang sekarang ini,” papar Mark.

Secara penampilan, mobil rancangan timnya itu ingin mencuatkan unsur dinamis dan sporty sehingga meskipun masuk dalam segmen LCGC, tapi tetap terlihat elegan. Meskipun mendapat banyak pujian, tetapi Mark merasa pujian itu semestinya ditujukan untuk timnya dan tim lain di divisi Research and Development (R&D) PT ADM di Jakarta.

“Rancangan mobil ini hasil kerja sama saya dan tim. Jadi bukan karya saya sendiri. Selain itu, rancangan kami ini tetap kami bahas bersama engineering design R&D,” ujar pria berusia 35 tahun yang ikut dalam merancang Toyota Avanza Veloz ini.

Beberapa waktu lalu, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Soegiarto mengaku bangga, sebab mobil itu menjadi mobil pertama yang sepenuhnya dirancang putra bangsa dan dibuat di Indonesia secara massal. Bahkan, menjadi mobil pertama yang menggunakan nama Astra.

Berdasarkan catatan, soal merancang mobil, Mark memang sudah memiliki segudang prestasi. Sejak bergabung dengan Daihatsu pada 2003 hingga kini, ia sudah beberapa kali menghasilkan rancangan mobil untuk Daihatsu dan Toyota. Mark pernah merancang Daihatsu Xenia Cross Over Concept untuk dipamerkan pada China Motor Show 2005. Ia juga yang merancang minor change Toyota bB pada 2007 lalu. Mobil itu sudah dipasarkan di Jepang. Mark juga terlibat dalam merancang minor change Daihatsu Terios dan Toyota Rush generasi kedua. Selain itu, Mark juga ikut merancang Daihatsu Move Custom yang sudah dipasarkan di Jepang.

“Sejak usia lima tahun saya sudah mengenal mobil. Saya suka menggambar mobil. Makanya saya menyukai pekerjaan ini,” ujar Mark.

Mark berkisah, ia mengenal mobil karena ayahnya, (alm) Peter Widjaja ketika itu memiliki bengkel karoseri mobil di Surabaya. Mark suka melihat banyak mobil yang “dipermak” di bengkel ayahnya itu. Ia sering mencoba menggambar desain mobil sendiri. Pernah, ketika masih duduk di bangku kelas 2 SD, Mark mengikuti lomba mewarnai yang diadakan Toyota di Surabaya. Ketika itu, ia bukannya ikut mewarnai gambar mobil Toyota Corona yang sudah disediakan panitia, tetapi Mark malah mengubah eksterior mobil itu menjadi mobil versinya sendiri.

“Waktu itu saya sempat ditegur. Saya bilang, semestinya desainnya yang bagus seperti ini,” kata Mark sambil tersenyum.

Mengenai mobil yang ia rancang bersama timnya, Mark mengaku, semuanya itu memiliki cita rasa Indonesia. Ia berharap ke depannya, akan banyak mobil-mobil lainnya yang dirancang oleh putra bangsa.

Sumber: beritasatu.com (9/9/2013)

One Comment leave one →
  1. Februari 1, 2014 11:35 pm

    Orang indonesia ternyata hebat-hebat…rancangan mobil ini buktinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: