Skip to content

Mobil Spektronics ITS Raih Juara 1 di Chem-E-Car Competition, Australia

Oktober 4, 2013

tim spektronics ITS di indonesiaproud wordpress comMobil mini Spektronics ITS kembali unjuk gigi di kancah internasional dan berhasil menyabet juara 1 pada sesi presentation poster dan juara 3 untuk race competition di Chem-E-Car Competition, salah satu rangkaian konferensi internasional CHEMECA 2013 yang berlangsung pada 29 September – 2 Oktober 2013 di Brisbane, Australia.

Chem-E-Car adalah kompetisi prototipe mobil yang digerakkan dengan reaksi kimia. Mobil Spektronics dibuat dari hasil kerjasama tiga disiplin ilmu di ITS, yaitu Teknik Kimia, Kimia, serta Desain Produk dan telah terbentuk sejak tahun 2010. Beberapa pertandingan baik dalam maupun luar negeri telah diikuti (lihat juga) dan pada kompetisi kali ini ITS menurunkan Spektronics generasi VI.

”Alhamdulillah, tim Spektronics ITS berhasil meyakinkan penguji dan peserta konferensi bahwa teknologi yang ditawarkan ITS ini bisa mengurangi efek rumah kaca,” tutur Muhammad Averous Ali Al-Abid, salah satu anggota tim Spektronics VI ITS. Adapun  keempat mahasiswa lain yang berangkat ke Australia adalah Jeffry Pratama Budiansya, Joko Fachruddin, Hilda Dwi Lestari, dan Setiyo Gunawan.

Spektronics menggunakan prinsip kerja mesin piston dengan bahan bakar oksigen. Oksigen yang dipakai adalah hasil reaksi dari penguraian Hidrogen peroksida dengan bantuan katalis Potasium iodida. Meski begitu, reaksi tersebut rupanya juga menghasilkan air sebagai produk samping yang dapat mengganggu sistem mekanis piston.

”Oleh karena itu, pada Spektronics generasi VI ini dilengkapi dengan penangkan uap air, sehingga hanya oksigen yang akan mengisi mesin piston,” ujar Jeffry Pratama.

mobil spektronics ITS di indonesiaproud wordpress comTak hanya canggih, keunikan bodi Spektronics juga menjadi daya tarik yang lain. Desain bodi Spektronics terinspirasi oleh bentuk ikan hiu, atau dalam bahasa jawa disebut sura. Dimana sura dikenal sebagai ikon kota Surabaya, kota pahlawan tempat kampus ITS berdiri.

Keberberhasilan Spektronics menyabet juara 1 (presentation poster) dan juara 3 (race competition) terbilang luar biasa, mengingat persiapan yang hanya dilakukan satu hari sebelum lomba di State Library of Queensland.

”Kami atas nama tim Spektronics mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas segala bantuan dan partisipasi semua pihak terkait sehingga nama Indonesia pada umumnya serta nama ITS pada khususnya bisa terukir indah pada kegiatan internasional,” pungkas Setiyo Gunawan ST, Ph.D, dosen pendamping tim.

Sumber: its.ac.id (1/10/2013)

One Comment leave one →
  1. KID permalink
    Oktober 6, 2013 11:35 pm

    Ehm juara 1 dan 2 untuk race competition-nya dari UGM loh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: