Skip to content

Stephallen: Gitar Sidoarjo yang Dipakai Brian “Queen” May

Oktober 9, 2013

stephallen guitar di indonesiaproud wordpress comDi kalangan musisi, terutama para gitaris, Stephallen adalah merek gitar yang sudah diakui keandalannya. Gitaris papan atas seperti I Wayan Balawan, Dewa Budjana dan Tohpati kerapkali memakai Stephallen pada setiap penampilannya. Gitaris asal Inggris Rob McNay mengakui bahwa Stephallen adalah gitar yang andal dan dia mempromosikannya di kalangan gitaris kelas dunia macam Brian May dari grup rock musik legendaris Queen.

Gayung pun bersambut, Brian May tak keberatan menggunakan Stephallen sembari promo di negeri Paman Sam. Bahkan Balawan sangat memuji gitar Stephallen. Saat dia mengunjungi di pusat pertokoan gitar terbesar di dunia, Ochanomizu di Tokyo. Jepang, dia mengatakan Stephallen sulit dicari tandingannya.

“Saya keliling enam jam di pusat pertokoan gitar terbesar di dunia, Ochanomizu Tokyo. Ternyata gitar tapping Stephallen buatan Sidoarjo lebih bagus daripada buatan Jepang,” ujar Balawan.

stephallen-guitars di indonesiaproud wordpress com

Tapi siapa nyana gitar yang mulai mengglobal ini made in lokal? 5iapa sangka pula gitar ini dibuat bukan oleh pabrikan besar, melainkan dari tangan Julius Salaka atau yang di kalangan musisi biasa disapa “Mas Joel”, pemuda asal Pasuruan, Jawa Timur.

Alumnus Politeknik Sipil Universitas Brawijaya Malang. yang meraih gelar diplomanya pada 1990 ini sempat bekerja di perusahaan kontraktor. Tapi ketika krisis 1997 dia harus meninggalkan semua kemapanan dan berbekal pengetahuan perkayuan yang didapat, pria kelahiran Japanan, Kecamatan Gempol. Pasuruan. Jawa Timur. 23 Juli 1968 ini menekuni pembuatan gitar elektrik. Dia menambah ilmu lewat ensiklopedi dan berselancar di internet.

Gitar listrik memiliki electromagnetic pick-up atau hanya sering disebut pick-up yang berfungsi merubah getaran-getaran dari steel strings menjadi sinyal-sinyal listrik yang disalurkan ke amplifier melalui kabel atau radio transmitter. Output dan amplifier merupakan hasil modifikasi modulasi sinyal gitar dengan vacuum tubes, perangkat elektronik lain dalam amplifier.

Pesanan gitar pertama Joel berasal dari seseorang di Balikpapan. Harganya saat itu Rp 1.2 juta. Dia coba menjiplak persis gitar yang sudah terkenal macam PRS atau Ibanez. Sejak tahun 2000 dia membuat merek sendiri.

Sumber:  Majalah Inspirasi.lr, (Jan2013)

4 Komentar leave one →
  1. Oktober 9, 2013 11:35 am

    beh matep tenan yo 😀

  2. November 11, 2013 11:35 pm

    lokasinya dan contact person ga da gan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: